Peran Relawan Sosial dalam Pengembangan karakter Anak di Surabay Children Crisis Center

  • ARUM CRYSNINDYA MAYRAWATI

Abstract

Studi ini berawal dari bermacam peran yang dimiliki oleh relawan sosial pada lembaga Surabaya Children Crisis Center dalam hal pengembangan karakter anak ABH (anak yang berhadapan dengan hukum) yaitu Anak Korban dan anak pelaku. bertolak dari pandangan tersebut, maka studi ini dilakukan dengan berbagai konsep yang terkait dengan peran relawan sosial dalam pengembangan karakter anak, pengembangan karakter yang dilakukan oleh relawan sosial, faktor penghambat serta faktor pendukung dalam pengembangan karakter anak di Surabaya Children Crisis Center. Penelitian ini merupaakn penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di LSM Surabaya Children Crisis Center yang beralamatkan di Jl. Raya Bungkal no 41 Sambikirep Surabaya. Data yang dikumpulankan oleh peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, menujukkan bahwa (1) peran relawan sosial dalam pengembangan karakter anak terdiri dari 6 peran yaitu : sebagai pengganti keluarga, pendamping, pembimbing, pendidik, fasilitator dan advokat. (2) pengembangan karakter yang dilakukan oleh relawan sosial meliputi 7 karakter yaitu : religius, jujur, mandiri, toleransi, peduli sesama, pantang menyerah dan berani berpendapat. (3) faktor penghambat dalam pengembangan karakter yaitu terdiri dari faktor internal dan ekternal (3) faktor pendukung dalam pengembangan karakter juga terdiri dari faktor internal dan ekternal




This study begins with the various roles that social volunteers have in the Surabaya Children Crisis Center in terms of developing the character of ABH children (children who are dealing with the law), namely the Victims Child and the offenders child. Based on this view, this study was carried out with various concepts related to the role of social volunteers in the development of childrens character, character development carried out by social volunteers, inhibiting factors and supporting factors in developing childrens character in the Surabaya Children Crisis Center. This research is a description research with a qualitative approach. The place of this research was conducted at the Surabaya Children Crisis Center NGO which was addressed at Jl. Raya Bungkal no 41 Sambikirep Surabaya. Collected result by researchers using interview, observation and documentation techniques. The results of this study indicate that (1) the role of social volunteers in developing childrens character consists of 6 roles, namely: as a substitute for family, companion, mentor, educator, facilitator and advocate. (2) character development carried out by social volunteers includes 7 characters, namely: religious, honest, independent, tolerant, caring for others, never giving up and daring to argue. (3) inhibiting factors in character development which consist of internal and external factors (3) supporting factors in character development also consist of internal and external factors.

Published
2019-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 151