PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN LCD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK KEJAR PAKET C (SETARA SMA/MA) DI PONDOK PESANTREN ASSALAFI AL-FITHRAH, SURABAYA KELURAHAN TANAH KALI KEDINDING, KECAMATAN KENJERAN, KOTA SURABAYA

  • MARIA ULFAH

Abstract

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, telah tumbuh dan berkembang sejak lama masa penyebarannya Islam dan telah banyak berperan dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat. Pondok pesantren Assalafi Al-Fithrah adalah lembaga pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Salah satu tujuannya untuk melestarikan dan mengembangkan akhlaqul karimah juga nilai-nilai amaliah salahfushsholeh. Seiring dengan perkembangan dan pembaharuan khususnya kurikulum dan media pembelajarannya. Sebagian pesantren telah mengakomodasi pola pendidikan khas pesantren yang telah lama berlaku di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh implementasi penggunaan media pembelajaran LCD dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris dan (2) besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD dan motivasi belajar bahasa Inggris pada peserta didik kejar paket C (setara SMA/MA) di pondok pesantren Assalafi Al-Fithrah, Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptip kuantitatif, adapun metode untuk pengukur motivasi menggunakan angket yang disebarkan kepada responden dan untuk mngetahui besarnya pengaruh penggunaan media LCD menggunakan daftar nilai hasil ujian mata pelajaran Bahasa Inggris. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kejar paket C (setara SMA/MA) di pondok pesantren Assalafi Al-Fithrah, Surabaya. Dengan banyaknya sampel yang digunakan yaitu sebanyak 25 siswa. Penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t (Paired t Test) dengan bantuan komputer program SPSS 12.00, sedangkan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa terlebih dahulu dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: nilai rata-rata hasil belajar untuk pre-test sebesar 60,20 atau 60.2%, sedangkan nilai untuk post-test sebesar 75,00 atau 75% terdapat perbedaan pada nilai bahasa Inggris, pondok pesantren Assalafi Al-Fithrah, Surabaya.

Kata Kunci: media LCD, motivasi siswa, bahasa Inggris, pondok pesantren Assalafi Al-Fithrah, Surabaya.

 

Abstract

Pondok pesantren as the oldest institutions of Islamic education in Indonesia, has grown and developed since a long time of Islam and has been instrumental in educating many people’s lives. Pondok pesantren Assalafi Al-Fithrah are the isntitution of Islamic education is growing and developing in the midst of society. One aim to preserve and the develop the akhlaqul karimah also amaliah salahfushsholeh values. A long with the development and reform, especially curiculum and learning media. Some schools have accommodated madrasah education program or school retains some distinctive patterns of pesantren education have long been applicable at the seminary. Tihs study aims to the determine: (1) effect of implementation of the use of intructional media LCD in increasing the motivation to learn English and (2) the effect of the use of instructional media LCD and motivation to learn English on learners kejar paket C (equivalent to SMA/MA) at the pondok pesantren Assalafi Al-Fithrah, Surabaya. This study include quantitative descriptive type of research, as for a method to measure the motivation of using a questionnaire distributed to respondents and to determine the magnitude of influence of media use the LCD using list values of test subjects English. The population used was all learners kejar paket C (equivalent SMA/MA) in the pondok pesantren Assalafi Al-Fithrah, wth the number of samples that many as 25 students. Studies were analyzed using t test (Paired t Test) with the aid of a computer program SPSS 12.00, while for increasing student’s motivation to know first analyzed using the test validity, test reliability and test for normality. The results obtained in this study are: the average value of learning outcomes for pre-test of 60.20 or 60.2% while the value for the post-test of 75.00 or 75%. There is a difference in the value of English pre-test and post-test views of instructional media is using the LCD.

Keywords: media LCD, student motivtion, English, pondok pesantren Assalafi Al-Fithrah, Surabaya.

Published
2013-06-07
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 20