EVALUASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BCCT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA 2- 4 TAHUN DI PAUD AZ- ZAHRAH SURABAYA

  • EKA MANDASARI

Abstract

Pentingnya pendidikan anak sejak usia dini menyebabkan adanya pendekatan tertentu untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini perlu diarahkan pada peletakan dasar-dasar yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia seutuhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan BCCT ini mendasarkan kegiatan pada pijakan yaitu pemberian dukungan yang diberikan oleh pendidik pada peserta didik yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Adapun tugas pendidik adalah sebagai fasilitator, kordinator, evaluator, inspirator, mediator, labelling dan modelling bagi peserta didik.

Kata kunci: Kecerdasan Anak

Abstract

The importance of education from an early age led to a particular approach to develop its potential. Growth and development of early childhood needs to be directed at laying the right foundations for the growth and development of the whole person. This study used a qualitative approach to data collection tools such as observation, interviews, and documentation. Results from this study is that the application of the BCCT approach based on ground activity is the provision of support given by teachers on learners that are tailored to the child's development level. The task of educators is as facilitator, coordinator, evaluator, inspiration, mediator, labeling and modeling for students.

Keywords: Child Intelligence

Published
2013-06-07
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 85