PENERAPAN MODEL EFI (ENAM FITUR INTI) DALAM MENUMBUHKAN SIKAPKEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK PADA PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAANMASYARAKAT (PKM) DI UPT SKB KOTA MALANG

  • REZKA ARINA RAHMA

Abstract

Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat diluncurkan oleh pemerintah melalui DirektoratJenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal sebagai upaya solutif mengatasi jumlahpengangguran di Indonesia dan menekan angka kemiskinan. Sebagai upaya untuk menumbuhkan sikapkewirausahaan kepada peserta didik sehingga dapat mempertanggungjawabkan bantuan modal usahayang diberikan, maka penyelenggaraan PKM pada lembaga menggunakan Model EFI dimana ada enamkomponen utama dalam penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan masyarakat yang meliputirekrutmen, analisis kebutuhan pelatihan, pelatihan, penilaian, dukungan modal usaha, dan yang terakhirdukungan keberlanjutan usaha.Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif. Penelitian inidilaksanakan di UPT SKB Kota Malang, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, display data danverifikasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas, dependabilitas,konfirmabilitas, dan transferabilitas.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan program PKM denganmenggunakan model EFI telah berjalan dengan efektif dan efisien, dimana dapat dilihat dariterselesaikannya tahapan demi tahahan dalam setiap komponen yang terkandung dalam model EFI sertaterbentuknya rintisan usaha oleh 16 peserta didik. Kelebihan model EFI adalah memiliki komponenyang runtut dan sistematis sehingga menghasilkan peserta didik yang terampil dan memiliki motivasiuntuk merintis usaha. Sedangkan kelemahan model EFI adalah kurangnya kesesuaian antara metode inhouse training (IHT) dan metode on the job training (OJT). Sikap kewirausahaan peserta didik di UPTSKB Kota Malang dibuktikan dengan tumbuhnya motivasi yang tinggi, disiplin, percaya diri, memilikikreatifitas dan inovasi serta siap untuk menghadapi risiko. Saran yang diberikan adalah untuk menjalinkerjasama yang baik dengan berbagai pihak sehingga memudahkan peserta didik dalam mendapatkanmodal lanjutan maupun memasarkan hasil produksinya.

Kata Kunci : Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat, Model Enam Fitur Inti, Sikap Kewirausahaan

 

Abstract

The Society Entrepreneurship Education launched by government through Directorate-General ofEarly Childhood Education, Nonformal and Informal as a solutif effort to overcome a number ofunemployee population in Indonesia and to reduce the poverty. As an effort to grow the studentsentrepreneurship attitude, so they can responsible about business capital given. The implementation ofSEE in institution using SMF which use six main components in implementation of societyentrepreneurship education including recruitment, training need analysis, training, appraisal, venturecapital, and the last is sustain ability efforts of business.2The research approach used by researcher is descriptive qualitative. This research implemented inUPT SKB Kota Malang, with submitted technique : observation, interview and documentation. Dataanalysis technique used are data collection, data reduction, display of data and verification. The testvalidity of data used by researcher are credibility, dependability, confirmability, and transferability.The obtainable result from this research is implementation of society entrepreneurship educationprogram description using SEE model has been done effectively and eficiently, which can be seen fromfinished step by step in each component of SEE and there are pioneer work by 16 partisipants of theprogram. The strength of SEE model is it has coherent and sistematic component so that creat acompetent students and has motivation to pioneering business. Whereas the weakness of SEE model isthe lack of the appropriate between in house training (IHT) method and on the job training(OJT) method.The students entrepreneurship attitude at UPT SKB Kota Malang evidenced by high motivation grow,dicipline, confidence, creativity, and innovation and readiness to face the risks. Advice for this programis to compose a good cooperation with so many institution so that make easier the students to get venturecapital or the production.

Keyword : Society Entrepreneurship Education, The Sixth Main Fitures, Entrepreneurship Attitude

Published
2013-06-07
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 44