PELATIHAN TARI REOG PONOROGO SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN DI SANGGAR TARI CANDRA WASKITHA KABUPATEN PONOROGO

  • SITI ROCHMAH

Abstract

Abstrak

Pendidikan karakter adalah bagian penting dari kehidupan manusia. Namun pada kenyataannya pendidikan karakter masih menjadi hal yang kurang diperhatikan oleh pemerintah maupun lapisan masyarakat. Pendidikan karakter penting dan bisa didapatkan dimana saja termasuk dalam sanggar tari. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter melalui pelatihan tari Reog Ponoorogo untuk anak usia 9-12 tahun di Sanggar Tari Candra Waskitha Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan penelitian diskritif kualitatif. Subjek daam penelitian ii adalah pengelola Sanggar, instruktur/tutor, peserta didik dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunaka wawancara medalam,observasi patisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Humbberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguatan pendidikan karakter melalui pelatihan tari reog Ponorogo sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Karena dengan adanya proses pelatihan tari ini lima komponen penting karakter dalam penguatan pendidikan karakter tercapai seperti 1) religius; 2) nasionalis; 3) gotong royong; 4) mandiri; dan 5) Integritas;. Lima komponen karater tersebut bisa didapatkan peserta didik dalam setiap pelatihan berlangsung.

Kata kunci : Penguatan Pendidikan Karakter dan Pelatihan

Abstract

Character education is an important part of human life. But in reality character education is still a matter of little concern for the government or society. Strengthening character education is also an agenda item in it. Important character education and can be obtained anywhere including in dance studios. The purpose of this study was to describe the strengthening of character education through Reog Ponoorogo dance training for children aged 9-12 years in the Candra Waskitha Dance Studio in Ponorogo Regency.This study used a qualitative descriptive research. Subjects in this study are the managers of the studio, instructors / tutors, students and parents of students. The data accumulated fromdepth interviews, participant observation, and documentation, then were analyzed usinginteractive model from Miles and Huberman with source, technique and time triangulation.The results showed tat strengthening character education through Ponorogo reog dance training was in line with the needs of students. Five important components of character in strengthening character education are achieved through this training process, such as 1) religious; 2) nationalists; 3) mutual cooperation; 4) independent; and 5) integrity; Five components of the character can be obtained by students during each training.

Keywords: Strengthening Character Education, Dance Training









Published
2019-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 178