Penerapan Pembelajaran PLS Pada Metode Belajar Kumon Dalam Membentuk Sikap Belajar Di Kumon Wisata Bukit Mas Surabaya

Authors

  • ELISA RISAUMAMI

Abstract

Metode Kumon dikembangan pertama kali oleh seorang jepang bernama Toru Kumon, seorang guru Matematika SMU. Metode ini yang menonjol adalah 2 hal: Setiap anak belajar dengan kecepatan masing-masing (tidak seperti di sekolah) dan anak didorong untuk rajin setiap hari mengerjakan konsep yang sama sampai akhirnya menjadi mahir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran PLS pada metode belajar kumon dalam membentuk sikap belajar di Kumon Wisata Bukit Mas Surabaya. Pendekatan dan jenis rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek data yaitu 1 pembimbing, 2 tutor, 2 orang tua dan 2 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan metode kumon yang diberikan secara perorangan pada tingkatan dan porsi yang tepat akan mengembangkan kemampuan matematika dan membentuk sikap belajar siswa di Kumon Wisata Bukit Mas Surabaya.

kata kunci: Pembelajaran PLS, metode kumon, sikap belajar

The Kumon method was first developed by a Japanese named Toru Kumon, a high school Mathematics teacher. The method that stands out is 2 things: Every child learns at each speed (not like at school) and children are encouraged to diligently work on the same concept every day until they become proficient. The purpose of this study was to determine the application of PLS ??learning in the Kumon learning method in shaping the attitude of learning in Kumon Wisata Bukit Mas Surabaya. The approach and type of research design used descriptive qualitative research. Data subjects were 1 mentor, 2 tutors, 2 parents and 2 students. Data collection techniques in this study are interviews, observation, documentation. The results showed that the kumon method given individually at the right level and portion would develop mathematical abilities and shape the learning attitude of students in Kumon Wisata Bukit Mas Surabaya.

keyword: Nonformal education learning, kumon method, learning attitude

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

RISAUMAMI, E. (2019). Penerapan Pembelajaran PLS Pada Metode Belajar Kumon Dalam Membentuk Sikap Belajar Di Kumon Wisata Bukit Mas Surabaya. J+PLUS UNESA, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/29847

Issue

Section

Articles
Abstract views: 145 , PDF Downloads: 414