HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK INSTRUKTUR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA PELATIHAN DI UPT BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
Kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang tenaga mengajar yang berkaitan langsung dengan peserta didik. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik instruktur dengan motivasi belajar peserta pelatihan di UPT Balai Latihan Kerja Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden penelitian adalah 32 peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus koresi product moment. Hasil penelitian menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel (0,688>0,349). Hubungan kedua variabel termasuk dalam kategori kuat (interval 0,60-0,799). Hasil uji signifikan t hitung lebih besar t tabel (4,418>2,042) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik instruktur dengan motivasi belajar peserta pelatihan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 89
,
PDF Downloads: 65




