STRATEGI PEMASARAN DALAM TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI TBM GENCAR SURABAYA

  • AMALIA PUTRI KHOIRUNNISA
  • INDRAWATI THERESIA

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan wadah yang didirikan pemerintah maupun masyarakat yang bertujuan menyediakan bahan bacaan bagi masyarakat sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat guna memperluas wawasan sehingga mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat. Namun yang terjadi saat ini sedikit bahkan sebagian besar masyarakat belum mengetahui TBM dan eksistensinya. Dengan adanya kejadian di atas, penulis menarik pokok masalah tersebut ke dalam penelitian yakni strategi pemasaran TBM dalam meningkatkan minat baca masyarakat di TBM Gencar Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran program Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam meningkatkan minat baca masyarakat di TBM Gencar Surabaya. Dalam kegiatan penelitian, penulis menggunakan alat pemasaran yaitu Marketing Mix 7P. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan datanya: wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran pada TBM Gencar dikatakan sukses dalam meningkatkan minat baca masyarakat karena keunggulan produk dan layanan didukung dengan fasilitas memadai sudah menarik minat masyarakat untuk datang dan menggunakannya mencari informasi yang menjadikan mereka sebagai masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

Published
2020-01-24
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 181