Motivasi Belajar Dalam Mendukung Keberhasilan Belajar Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket B

  • NURMALA CAHYA NINGRUM

Abstract

abstrak

Motivasi belajar dalam diri seseorang sangatlah penting, setiap orang tentunya memiliki keinginan menuntaskan wajib belajar Sembilan tahun agar mudah mencari pekerjaan. Namun, pada kenyataannya motivasi belajar peserta didik masih terbilang rendah. Karena dalam proses pembelajaran banyak warga belajar yang izin tidak masuk atau datang hanya tanda tangan kemudian meninggalkan kelas karena kepentingan. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi, maka peserta didik pendidikan kesetaraan Paket B memiliki semangat dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan dan menganalisis motivasi belajar dalam mendukung keberhasilan belajar peserta didik pendidikan kesetaraan Paket B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa motivasi belajar dalam mendukung keberhasilan belajar peserta didik pendidikan kesetaraan Paket B sangatlah diperlukan, karena dengan adanya motivasi belajar yang tinggi, dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap terhadap diri peserta didik pendidikan kesetaraan Paket B sehingga akan menghasilkan keberhasilan belajar yang tinggi.


Abstract

Motivation to learn in a person is very important, everyone certainly has the desire to complete the nine-year compulsory education in order to easily find work. However, in reality students learning motivation is still relatively low. Because in the learning process many learning residents whose permission is not entered or come only sign and then leave the class because of interest. With the high motivation of learning, students in Pack B equivalency education have enthusiasm in participating in learning. The purpose of this study is to describe and analyze learning motivation in supporting the success of learning in equality education students in Package B. This research uses a qualitative approach with the method of collecting literature study data. The results of this study found that learning motivation in supporting the learning success of Paket B equality education students is really needed, because with the high motivation to learn, it can improve knowledge, skills and change attitudes towards self-education of Package B equality education so that it will produce learning success tall one.




Published
2020-07-06
Abstract Views: 200
PDF Downloads: 543