PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA

  • Zeryu Kamarastra Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Atmaja J.A Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Orang tua memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak, Salah
satu metode yang sangat efektif dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik adalah metode
cerita. Metode ini terbukti sejak dahulu sudah digunakan oleh orang tua untuk menambah kosakata
anak. Orang tua memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik. Anak
akan bertambah kosakatanya seiring dengan hal yang mereka lihat dan dengar. Peran orang tua sangat
penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik dan metode bercerita sangat efektif pada
era ini serta mudah dalam mencari materi misalnya melalui internet. Penelitian ini memiliki tujuan
untuk menganalisis peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini
yang dilakukan dengan metode cerita. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis
framing, yaitu mengumpulkan teori-teori dan penelitian yang relevan dengan judul. Berdasarkan temuan
dari penelitian, peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik melalui metode
bercerita dapat mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini, terbukti anak usia dini
mendapatkan banyak kosakata baru, seperti anak akan bertanya jika merasa ada sebuah perkataan yang
tidak dapat dipahaminya. Anak lebih nyaman mengungkapkan yang ingin ditanyakan jika dengan orang
tua. Pentingnya orang tua dalam mengembankan kecerdasan verbal linguistik karena orang tua pendidik
yang pertama dan utama terutama bagi anak.

Author Biographies

Zeryu Kamarastra, Universitas Negeri Surabaya

Orang tua memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak, Salah
satu metode yang sangat efektif dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik adalah metode
cerita. Metode ini terbukti sejak dahulu sudah digunakan oleh orang tua untuk menambah kosakata
anak. Orang tua memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik. Anak
akan bertambah kosakatanya seiring dengan hal yang mereka lihat dan dengar. Peran orang tua sangat
penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik dan metode bercerita sangat efektif pada
era ini serta mudah dalam mencari materi misalnya melalui internet. Penelitian ini memiliki tujuan
untuk menganalisis peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini
yang dilakukan dengan metode cerita. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis
framing, yaitu mengumpulkan teori-teori dan penelitian yang relevan dengan judul. Berdasarkan temuan
dari penelitian, peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik melalui metode
bercerita dapat mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini, terbukti anak usia dini
mendapatkan banyak kosakata baru, seperti anak akan bertanya jika merasa ada sebuah perkataan yang
tidak dapat dipahaminya. Anak lebih nyaman mengungkapkan yang ingin ditanyakan jika dengan orang
tua. Pentingnya orang tua dalam mengembankan kecerdasan verbal linguistik karena orang tua pendidik
yang pertama dan utama terutama bagi anak.

I Ketut Atmaja J.A, Universitas Negeri Surabaya

Orang tua memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak, Salah
satu metode yang sangat efektif dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik adalah metode
cerita. Metode ini terbukti sejak dahulu sudah digunakan oleh orang tua untuk menambah kosakata
anak. Orang tua memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik. Anak
akan bertambah kosakatanya seiring dengan hal yang mereka lihat dan dengar. Peran orang tua sangat
penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik dan metode bercerita sangat efektif pada
era ini serta mudah dalam mencari materi misalnya melalui internet. Penelitian ini memiliki tujuan
untuk menganalisis peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini
yang dilakukan dengan metode cerita. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis
framing, yaitu mengumpulkan teori-teori dan penelitian yang relevan dengan judul. Berdasarkan temuan
dari penelitian, peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik melalui metode
bercerita dapat mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini, terbukti anak usia dini
mendapatkan banyak kosakata baru, seperti anak akan bertanya jika merasa ada sebuah perkataan yang
tidak dapat dipahaminya. Anak lebih nyaman mengungkapkan yang ingin ditanyakan jika dengan orang
tua. Pentingnya orang tua dalam mengembankan kecerdasan verbal linguistik karena orang tua pendidik
yang pertama dan utama terutama bagi anak.

Published
2020-12-29
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 225