PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI LBB EEC ( EXCELLENT EDUCATION COLLEGE )  JALAN PEPELEGI KECAMATAN WARU SIDOARJO

  • ARI INDRA KURNIAWAN

Abstract

Motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor diantaranya adalah penerapan metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang kurang bervariasi akan terasa monoton sehingga peserta didik menjadi bosan. Untuk dapat mengetahui metode pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar maka diperlukan penelitian agar memperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran token economy di LBB EEC Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik setelah penerapan metode pembelajaran token economy di LBB EEC Waru Sidoarjo? (3) Apakah penerapan metode pembelajaran token economy dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di LBB EEC Waru Sidoarjo?

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi dari penelitian di LBB Excellent Education College Jalan Pepelegi Waru Sidoarjo. Populasi yang diteliti adalah 30 peserta didik LBB EEC. Terdapat dua variable yang dikaji dalam penelitian, yaitu: metode pembelajaran token economy,dan motivasi belajar. Teknik pengambilan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan rumus yang digunakan untuk menganalisis data adalah Spearman Rank.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode pembelajaran token economy menunjukkan total nilai 2132 yang kemudian jika dirata-rata sebesar 71,066 dengan kategori baik. Sedangkan motivasi belajar peserta didik nilainya 2141 dengan rata-rata 71,366 dengan kategori baik. Penerapan metode pembelajaran token economy dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, ini dapat ditunjukkan dengan nilai r (rho) = 0,6374 yang lebih besar dari pada r tabel pada n= 30 yakni r tabel pada taraf kesalahan 5%= 0,364 dan signifikan 1% = 0,478 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran token economy dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

 

Kata Kunci           : Metode Token Economy, Motivasi Belajar

Abstract


              Motivation to learn is influenced by internal and external factors. One such factor is the application of learning methods. Learning methods will vary noticeably less monotonous so that learners become bored. To be able to know the method of learning can improve learning motivation research is needed in order to obtain an accurate answer. Issues that were examined in this study were (1) How does the application of learning methods in LBB EEC token economy Waru Sidoarjo? (2) How does the motivation of learners after the application of learning methods in LBB EEC token economy Waru Sidoarjo? (3) Is the token economy application of learning methods can increase the motivation of learners in LBB EEC Waru Sidoarjo?

Research using a quantitative approach. Location of research in LBB Excellent Education College Road Pepelegi Waru Sidoarjo. Populations studied were 30 learners LBB EEC. There are two variables that were examined in the study, namely: the token economy method of learning, and motivation to learn. Collecting data using questionnaires, observation, and documentation. While the formula used to analyze the data is the Spearman Rank.

The results showed that the application of learning methods show the total value of the token economy in 2132 which later on average at 71.066 with either category. While the motivation of learners value in 2141 with an average of 71.366 with either category. The application of learning methods token economy can improve learners'  (rho) =rlearning motivation, this can be indicated by the value of   table at 5% errorr n = 30, ie r0.6374 which is greater than the table  level = 0.364 and 1% significant = 0.478 then Ho is rejected and Ha accepted. Conclusion that the application of learning methods token economy can improve learners' learning motivation.

 

Keywords: Token Economy Method, Motivation 

Published
2013-09-06
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 385