PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SMART SOLUTION DAN METODE PEMBELAJARAN MASTER SOLUTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI LEMBAGA KURSUS (LBB PRIMAGAMA GEDEG MOJOKERTO DAN LBB HIMALAYA MOJOKERTO)

  • SEPTIAN DWI CAHYO

Abstract

 

 The problems of this research is to determine how the application of learning methods Smart Solution in tutoring agencies (LBB) Gedeg Primagama in Mojokerto, how the application of learning methods in Master Solution tutoring agencies (LBB) Himalaya Mojokerto, find out if the advantages and disadvantages of each the learning methods, as well as to determine whether there are significant differences between the achievement of students in both the LBB.

From the results of research and discussion, it is known that the LBB and LBB Primagama Himalayas have their respective advantages, LBB Primagama with Smart Solution learning methods highlight the experience and systems in terms of learning, prediction, and trick questions in the test, while the LBB Himalaya with learning methods Master Solution concentrate on teaching competence. Based on the results of the discussion, LBB Primagama better in terms of teaching methods, learning process, the formation of affective attitude, and achievement, whereas the Himalayan LBB better in terms of competence tutor. There are significant differences between both LBB and LBB Primagama Himalayas especially in terms of Tutor Learning Process and Competence in the two institutions. This causes the difference in learning achievement were also significantly different between the two graduates of LBB.

Both LBB and LBB Himalayas Primagama should pay attention to the results of this study in order to improve teaching methods, learning, tutor competence, affective attitude formation, and student achievement at the institution, as well as adopting teaching methods that are superior to applied at the institution for complementary methods been there.

Keywords: learning methods, smart solution, master solution, achievement, course organization.

ABSTRAK

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Smart Solution di lembaga bimbingan belajar (LBB) Primagama di Gedeg Mojokerto, bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Master Solution di lembaga bimbingan belajar (LBB) Himalaya Mojokerto, mengetahui apakah kelebihan dan kekurangan masing-masing metode pembelajaran tersebut, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar peserta didik di kedua LBB tersebut.

Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, menunjukkan bahwa LBB Primagama dan LBB Himalaya mempunyai kelebihannya masing-masing, LBB Primagama dengan metode pembelajaran Smart Solution menonjolkan sisi pengalamannya dan sistemnya dalam hal proses belajar, prediksi, dan trik soal-soal dalam ujian, sedangkan LBB Himalaya dengan metode pembelajaran Master Solution berkonsentrasi pada sisi kompetensi pengajarnya. Berdasarkan hasil pembahasan, LBB Primagama lebih baik dalam hal metode pembelajaran, proses pembelajaran, pembentukan sikap afektif, dan prestasi belajar, sedangkan LBB Himalaya lebih baik dalam hal kompetensi tutor. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua LBB Primagama dan LBB Himalaya terutama dalam hal Proses Pembelajaran dan Kompetensi Tutor yang ada di kedua lembaga tersebut. Adanya perbedaan ini menyebabkan Prestasi Belajar yang berbeda secara signifikan pula antara lulusan kedua LBB.

Kedua LBB Primagama dan LBB Himalaya hendaknya memperhatikan hasil penelitian ini agar meningkatkan metode pembelajaran, proses pembelajaran, kompetensi tutor, pembentukan sikap afektif, dan prestasi belajar siswa di lembaganya, serta mengadopsi metode-metode pembelajaran yang lebih unggul untuk diterapkan di lembaganya untuk melengkapi metode yang telah ada.

Kata kunci: metode pembelajaran, smart solution, master solution, prestasi belajar, lembaga kursus.

Published
2013-09-06
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 105