EVALUASI PELAKSANAAN METODE BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DALAM PENINGKATAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI  (STUDI PADA  PLAY GROUP TUNAS BANGSA DI DESA KEJAMBON KECAMATAN GONDANG MOJOKERTO)

  • NURMA NURFARIDA

Abstract

An intent contained in the application BCCT method as an alternative approach in EarlyChildhood Education. With this approach is also expectedfind pleasure and satisfaction in learning the methods BCCT at Play Group Tunas Bangsa VillageKejambonGondangMojokerto district. So it should be if the method is applied BCCT quality standardand customized with the correct and appropriate implementation of existing guidelines.

The purpose of this study is 1). to determine the method implementation in Play Group BCCTTunas Bangsa Village KejambonGondangMojokerto District, 2). To find an increase in gross motorearly childhood through the BCCT in Kejambon Gondang Mojokerto district. Objectives of this study were principals, tutors, learners,parents and parents in Early childhood in the village of Tunas BangsaKejambonGondangMojokertodistrict. Method in this study using Evaluative, while the process of data collection is done by usingobservation and interviews.

The resultsare 1) The BCCT existing methods in early childhood in the village of TunasBangsaKejambon district. GondangKab.enter kindergarten in schools that best fit their desires and favorites and gross motor development ofearly childhood is cukupoptimal. 2) Constraints faced by early childhood Tunas Bangsa is the laland and the lack of facilities and infrastructure activities pembelajaran.3). efforts made by the tutor tocover weaknesses is to maximize the existing infrastructure as well.

Abstrak

Terkandung suatu maksud dalam penerapan metode BCCT sebagaidalam Pendidikan Anak Usia Dini. Dengan pendekatan ini diharapkan pula mampu merangsang danmengaktifkan anak didik agar menemukan kesenangan dan kepuasan dalam pembelajaran denganmetode BCCT pada Play Group Tunas Bangsa di Desa KejaSehingga sudah seharusnya jika metode BCCT yang diterapkan disesuaikan dengan standart mutu danpelaksanaan yang benar dan sesuai pedoman yang ada.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pelaksanaan metode Group Tunas Bangsa di Desa Kejambon Kecamatan Gondang Mojokerto,2). Untuk mengetahui peningkatan motorik kasar anak usia dini melalui BCCT di Play Group Tunas Bangsa di Desa Kejambon Kecamatan Gondang Mojokerto. sekolah, tutor, peserta didik, dan orang tua wali murid Desa Kejambon Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto.metode Evaluatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara.

Hasil penelitian yaitu 1) Pelaksanaan metode BCCT yang ada di PAUD Tunas Bangsa di DesaKejambon Kec. Gondang Kab. Mojokerto berjalan dengan baik. Dengan adanya bukti bahwa anak didik dapat masuk di sekolah TK yang terbaik dan favorit sesuai motorik kasar anak usia dini sudah cukup optimal. 2) Kendala yang dihadapi oleh PAUD Tunas Bangsa adalah mengenai minimnya lahan serta kurangnya sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran. 3). upaya yang dilakukaadalah dengan memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada secara baik.

Published
2013-09-06
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 108