PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON AKSARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG PADA PROGRAM KEAKSARAANFUNGSIONAL DI UPTD SKB GUDO KABUPATEN JOMBANG

  • MARINDA NUR F

Abstract

 Pendidikan keaksaraan fungsional merupakan salah satu dari program pendidikan Nonformal yang ada di UPTD SKB Gudo. Pada umumnya proses pembelajaran keaksaraan fungsional di UPTD SKB Gudo masih konvensional dan monoton sehingga warga belajar merasa jenuh dan bosan. Oleh karena itu dalam proses pembelajaranya perlu diberikan suatu media yang dapat menarik perhatian warga belajar sehingga warga belajar merasa senang dan termotivasi untuk belajar dalam meningkatkan kemampuan calistung. Kemampuan calistung diberikan agar warga belajar mampu meningkatkan mutu hidupnya serta memecahkan masalah keaksaraan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian tentang penerapan media pembelajaran pohon aksara untuk meningkatkan kemampuan calistung pada program keaksaraan fungsional di UPTD SKB Gudo Kabupaten Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran pohon aksara untuk meningkatkan kemampuan calistung. Jenis penelitian menggunakan Pre Eksperimental Design model Pretest dan Posttest one group design. Sumber data berasal dari pamong, tutor dan warga belajar. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian kemampuan calistung rata-rata nilai sebelum perlakuan sebesar 67,26 dan setelah diberi perlakuan menjadi meningkat sebesar 75,86, jadi selisihnya sebesar 8,60. Hasil analisis uji-t dari penilaian pretest dan posttest didapatkan t hitung untuk kemampuan membaca sebesar 9,73, kemampuan menulis sebesar 6,83 dan kemampuan berhitung sebesar 6,68, sedangkan nilai t tabel sebesar 2,045 ( t hitung 9,73, 6,83, dan 6,68 > t tabel 2,045). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penerapan media pohon aksara untuk meningkatkan kemampuan calistung di UPTD SKB Gudo yang berbunyi ada pengaruh penerapan media terhadap kemampuan calistung. Saran yang dapat diberikan: (1) Hendaknya para tutor menggunakan media yang lebih bervariasi sehingga dapat menarik perhatian warga belajar, (2) Hendaknya penggunaan metode pembelajaran lebih bervariasi dengan multi metode dan multi media.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Kemampuan Calistung, Keaksaraan Fungsional.

 

Abstract

Functional literacy education is one of the non formal education programs that have existed on UPTD SKB Gudo. Generally, functional literacy education process at UPTD SKB Gudo. Still conventional and monotonous so that student feel boring and weary. Therefore, on the learning process need a media that can attract student’s learning interest so they can feel happy and motivated to learn to improve their calistung ability. “Calistung” ability conveyed so they can improve their life quality and solve literacy problems on daily lives. Based on those background, done a study research concerning the application of learning media “pohon aksara” to improve “calistung” ability on functional literacy program at UPTD SKB GudoJombang District. This aim research to description the application of learning media “pohon aksara” to improve “calistung” ability. The type of research that applied is experimental research, by using pre experimental design model pretest and posttest one group design. Data sources comes from pamong (village administrator), tutor and students. In this research, data collecting method using test, observation and documentation. Data analyzing using t-test formula. The research result of “calistung” ability, average score of “calistung” ability before treatment is 67.26 and after treatment improve to 75.86, so the difference between pretest and posttest is 8.60. The analysis result of t-test from pretest and posttest obtain tcount to reading ability of 9.73, writing ability of 6.83 and reckon ability of 6.68, while ttable is 2.045 ( t count 9,73, 6,83, and 6,68 > t table 2,045). So it can be concluded that the result of media “pohon aksara” application to improve calistung ability at UPTD SKB Gudo is that sound there is an effect of media application to calistung ability. Suggestions that can be offered : 1) tutors should using varied media so that can attract student attention, 2) it should use varied learning method by multi method and multi media.

Keywords : Learning media, “Calistung” ability, Functional literacy

Published
2013-09-11
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 260