ANALISIS POLA PENGASUHAN ORANG TUA BAGI PERKEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (0-3 TAHUN) DI DUSUN PLABUHAN DESA PLABUHAN REJO KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

  • KHORIATUS SODIYAH

Abstract

Linguistic and social emotional intelligences development can be developed well when the parenting is given based on the children’s age characteristic. Each parenting style which is given by the parents will gives different impact for the linguistic and social emotional intelligence development. Therefore, the research about parenting style for the linguistic and social emotional intelligence development of 0-3 years old children is needed. This research aims to: (1) describe the parenting style for the linguistic and social emotional intelligence development of 0-3 years old children, and (2) describe the parenting style for the 0-3 years old children’s social emotional development.

The research uses qualitative approach. The data collecting techniques used are interview, observation, and documentation. After getting the data, the researcher analyzes the data through data reduction, data display, and verification. To get the validity of the data, the researcher uses credibility which is assisted by triangulation and member check. Besides that, the researcher also conducts dependence, conformability, and transferability for the research process and result.

The result shows that parenting styles which are applied by the parents are the permissive and authoritarian parenting. Both of those parenting styles affect the linguistic and social emotional intelligence development. The children who get permissive and authoritarian parenting style will get the linguistic development based on the age level. On the other hand, their social emotional development cannot be achieved maximally.

The conclusion of this research is that parenting styles which are applied by the parents are permissive and authoritarian parenting. Both parenting styles have similar impact for the linguistic and social emotional intelligences development of 0-3 years old children. Based on this conclusion, the parents are suggested to be more involved and control the children’s development. Therefore, linguistic and social emotional intelligence development can be achieved maximally.

 

Keywords: parenting, linguistic intelligence, social emotional intelligence. 

 

Abstrak

Perkembangan kecerdasan bahasa dan sosial emosional anak dapat berkembang secara maksimal apabila pola pengasuhan yang diberikan sesuai dengan karakteristik dan usia anak. Setiap pola pengasuhan yang diterapkan orang tua memiliki dampak yang berbeda terhadap perkembangan bahasa dan sosial emosional anak.  Dengan demikian, perlu adanya penelitian lebih lanjut berkenaan dengan pola pengasuhan orang tua bagi perkembangan kecerdasan bahasa dan sosial emosional anak usia 0-3 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pola pengasuhan orang tua bagi perkembangan kecerdasan linguistik anak usia (0-3 tahun), dan (2) mendeskripsikan pola pengasuhan orang tua bagi perkembangan sosial emosional anak usia (0-3 tahun).

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi. Untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas dengan triangulasi dan member check, disamping itu juga dilakukan, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas terhadap proses dan hasil penelitian.

Hasil penelitian menujukkan bahwa pola pengasuhan yang diterapkan orang tua adalah pola pengasuhan permisif dan otoriter. Ke dua pola pengasuhan tersebut berdampak pada perkembangan bahasa dan sosial emosional anak. Anak dengan pola pengasuhan permisif dan otoriter dapat mencapai perkembangan bahasa sesuai dengan tahap usianya. Berbeda dengan hal itu, perkembangan sosial emosional anak tidak dapat dicapai secara maksimal

Simpulan dari hasil penelitian, yaitu: pola pengasuhan yang diterapkan orang tua adalah pola pengasuhan permisif dan otoriter. Kedua pola pengasuhan ini memiliki dampak yang sama terhadap perkembangan kecerdasan bahasa dan sosial emosional anak usia dini (0-3 tahun). Berdasarkan simpulan dari hasil penelitian dapat disarankan agar orang tua lebih terlibat dan memberikan kontrol terhadap perkembangan anak, dengan demikian perkembangan bahasa dan sosial emosional anak dapat berkembang secara maksimal.

 

Kata kunci : pola pengasuhan, kecerdasan linguistik/bahasa, kecerdasan sosial emosional

Published
2013-09-11
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 96