PELATIHAN MEMBUAT BATIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI PUSAT PELATIHAN BATIK TULIS AL-HUDAKABUPATEN SIDOARJO

  • ATFREDALIYA LAKSMI

Abstract

Semakin rendahnya generasi muda yang ingin meneruskan warisan budaya membatik membuat jumlah pengerajin batik di Kabupaten Sidoarjo semakin menurun, batik tulis Sidoarjo perlu dilestarikan karena memiliki ciri khas tersendiri. Untuk mempertahankan kebudayaan bangsa dan melestarikan batik tulis Sidoarjo, maka perlu diadakan pelatihan membuat batik tulis untuk meningkatkan kreativitas dalam menciptakan pola-pola batik baru hasil dari ide-ide kreatif masyarakat, agar batik tulis Sidoarjo semakin berkembang dengan pola-pola yang inovatif.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pelatihan membuat batik di pusat pelatihan batik tulis “Al-Huda” perumahan sidokare asri Kabupaten Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan kreativitas peserta didik setelah mengikuti pelatihan membuat batik di pusat pelatihan batik tulis “Al-Huda” perumahan sidokare asri Kabupaten Sidoarjo? (3) Apakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelatihan membuat batik di pusat pelatihan batik tulis “Al-Huda” perumahan sidokare asri Kabupaten Sidoarjo?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yang dijadikan objek adalah di Perumahan Sidokare Asri AW 18 Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, subyek penelitian ini berjumlah 24 informan, yang terdiri dari 1 penyelenggara, 3 tutor dan 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi .

Hasil penelitian pada pelatihan membuat batik di pusat pelatihan batik tulis “Al-Huda” ini antara lain adalah : (1) Proses pelaksanaan pelatihan membuat batik sudah berjalan dengan baik, dan dalam pelatihan ini tutor/ instruktur berperan sebagai fasilitator yang mendampingi peserta didik. (2) Peningkatan kreativitas saat pelaksanaan pelatihan membuat batik dapat dilihat dari ide-ide kreatif peserta didik dalam menciptakan pola-pola batik yang baru, setelah pelatihan berakhir, peserta didik dapat mengaplikasikan keterampilan dan pengalaman dalam usaha meningkatkan taraf hidupnya. (3) faktor pendukung pelatihan membuat batik adalah antusias peserta didik yang sangat tinggi dalam mengikuti pelaksanaan pelatihan, faktor penghambat pelatihan membuat batik adalah peserta didik yang mempunyai kemampuan keterampilan rendah dapat menghambat berjalannya proses pelaksanaan pelatihan.

Kata kunci            :               pelatihan membuat batik, kreativitas                

Abstract 

The lower of young generation who want to maintain batik culture legacy make the amount of batik craftman on Sidoarjo Regency become decreased, Batik tulis Sidoarjo need to be conserved since its have unique characteristic. To maintain the nation culture and conserve Batik tulis Sidoarjo it will need a training of the make batik tulis to improve creativity in creating new patterns from communiti’s creative ideas for make Batik tulis Sidoarjo more developed with innovative patterns.       

The problem formulations in this research are: 1) how is the implementation of make batik training at “Al-Huda” Batik Tulis Training Centre on Sidokare Housing Sidoarjo Regency? 2) How is the learner’s creativity improvement after following make batik training at at “Al-Huda” Batik Tulis Training Centre on Sidokare Housing Sidoarjo Regency? 3) What is the supporting factor and demotivating factor of make batik training at at “Al-Huda” Batik Tulis Training Centre on Sidokare Housing Sidoarjo Regency?

This research applies qualitative research. The research location that becomes the object is at House of SidokareAsri AW 18 Sepande Village Candi Sub district, Sidoarjo District. Subject in this research amounted of 24 informants, which consisted of 1 organizer, 3 tutors, and 20 learners. Data collecting technique performed through deep interview, participant observation and documentation.

The research results from the training of make batik at“Al-Huda” Batik Tulis Training Centre are: 1) the implementation process of make batik training have already run well and belong to very good scoring category. 2) the creativity improvement during make batik training implementation can be seen from the creative ideas of learners in creating new batik patterns, after training end, learner can implement the skill and experience in the effort of improving its life quality. 3) The supporting factor on make batik training is the enthusiast of learners that very high in following training, and the demotivating factor is the learners have low ability that can obstruct the process of training implementation.

Keywords              :       the training of make batik, creativity

Published
2013-09-11
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 178