PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBENTUKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SANGGAR SENI ART TALENT’S SIDOARJO

  • NURUS SABILA

Abstract

Kreativitas perlu di pupuk, dikembangkan dan ditingkatkan. kreativitas tidak akan muncul pada peserta didik yang tidak memiliki motivasi tinggi, rasa ingin tahu dan imajinasi peserta didik. Pendidikan keterampilan pada peserta didik dapat membentuk peserta didik menjadi anak yang lebih kreatif, dengan melalui pembelajaran melukis di lembaga pendidikan non formal yang menawarkan pendidikan keterampilan dan kesenian, yaitu sanggar seni art talent’s. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana proses pembelajaran melukis dengan pendekatan CTL di sanggar seni art talent’s Sidoarjo, 2) bagaimana kreativitas peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran dengan pendekatan CTL di sanggar seni art talent’s Sidoarjo, 3) apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran melukis dengan pendekatan CTL di sanggar seni art talent’s Sidoarjo.

Pendekatan penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah 1 orang pengurus, 1 orang pendidik dan 13 peserta didik di sanggar seni art talent’s Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, 1) Proses pembelajaran seni lukis di sanggar seni Art Talent’s Sidoarjo mempunyai beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut: a) persiapan alat dan bahan, b) persiapan pengajar dalam proses pembelajaran seni lukis, c) menentukan tema, d) membuat sketsa dan proses mewarnai, e) finishing. 2) Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus presentase diperoleh hasil rata-rata presentase proses pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran CTL yang terkategori ya adalah 63,2% sedangkan yang terkategori tidak adalah 57,7%. Sedangkan, hasil perhitungan dengan menggunakan rumus presentase diperoleh hasil rata-rata presentase kreativitas yang terkategori ya adalah 79,5%, sedangkan yang terkategori tidak adalah 43,5%. Jadi, dari kedua variabel tersebut terkategori ya lebih tinggi dari pada ketegori tidak, sehingga pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan strategi CTL mempunyai pengaruh yang cukup terhadap pembentukan kreativitas peserta didik. 3) Faktor pendukung, antara lain waktu, kesempatan sendiri, dorongan, sarana, lingkungan yang merangsang dan kendalanya yaitu waktu yang terbatas karena ada kesibukan, dan kurangnya sarana dan alat bantu atau pendukung untuk memudahkan munculnya imajinasi anak.

Kata kunci: strategi pembelajaran, kreativitas 

 

 Abstract

 

Creativity needs in fertilizers, developed and improved. creativity will not appear on the students who do not have high motivation, curiosity and imagination of the students. Educational skills of students can form students to be more creative children, with learning through painting in non-formal educational institutions offering vocational education and the arts, the art gallery's art talent. Problems faced by the students now are they have not been able to connect between what they are learning and how that knowledge will be used. The difficulty for the learners understand academic concepts, because the learning strategies that have been used by teachers is limited to didactic strategies. The other studio course, because they use learning strategies that are learner (Student Centered Learning) which is specific to the learning strategies of School Education. The problems of this research are 1) how the process of learning to paint in art studio art talent's Sidoarjo, 2) how the creativity of learners during the learning activities in the art studio art talent's Sidoarjo, 3) what are the supporting factors and obstacles encountered in the implementation of learning to paint in the art gallery's art talent Sidoarjo.

The research approach used is descriptive quantitative. Objects in this study is one of the managers, educators 1 and 13 students in the art gallery's art talent Sidoarjo. Data was collected using observations, interviews and documentation.

Based on the results of this study concluded that, 1) the process of learning in the studio more emphasis on a more active learners, learners who can be independent, and responsible. By the time students have to prepare learning tools and materials, determine the theme, sketching and coloring, 2) Based on calculations using the percentage formula obtained results mean that using a percentage of the learning process learning strategies are categorized ya CTL was 63.2% while 57.7% are not categorized. Meanwhile, the results of calculations using the percentage formula obtained average yield percentage creativity categorized yes is 79.5%, while 43.5% are not categorized. So, of the two variables are categorized ya higher than the categories are not, so that during the learning process using CTL strategies have considerable influence on the formation of student creativity. 3) supporting factors, such as time, chance alone, encouragement, facilities, stimulating environment and constraints that limited time as there are busy, and lack the means and the tools or support to facilitate the emergence of a child's imagination.

Keywords: learning strategy, creativity

Published
2013-09-11
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 3344