PELATIHAN LIFE SKILL MENJAHIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KESETARAAN PAKET C DI PKBM AL-HIKMAH SUKODONO SIDOARJO

  • LILIK ALFIAH

Abstract

Pelatihan life skill menjahit merupakan salah satu program pendidikan luar sekolah yang memberikan keterampilan khusus kepada peserta didik sehingga memiliki keterampilan sebagai penunjang terciptanya lapangan pekerjaan sebagai bekal untuk mandiri. Teori yang dikembangkan dalam penelitian ini seperti pendidikan luar sekolah, pelatihan life skill, kemandirian peserta didik. Dirumuskan masalah bagaimanakah pelaksanaan pelatihan  life skill menjahit, bagaimanakah upaya peningkatan kemandirian peserta didik melalui pelatihan life skill menjahit, serta bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelatihan  life skill menjahit dalam upaya meningkatkan kemandirian peserta didik di PKBM Al-Hikmah Sukodono Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan rumusan masalah di atas.

Penelitian menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini penyelenggara PKBM Al-Hikmah, pendidik pelatihan life skill menjahit, dan peserta didik sebagai. Metode data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, display data, tolok ukur keberhasilan, dan penarikan kesimpulan.

Simpulan penelitian pelatihan life skill menjahit pada peserta didik sudah berjalan secara terstruktur dalam artian dapat memenuhi 10 komponen pendidikan luar sekolah. Faktor pendukung meliputi motivasi dan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran pelatihan life skill. Faktor penghambat yaitu keterbatasan peserta didik dalam menyiapkan bahan yang tidak disediakan oleh penyelenggara namun semua dapat di atasi dengan baik. Disarankan untuk menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri.

Kata Kunci : pelatihan life skill, kemandirian, peserta didik

Abstract 

 

Sewing training as one of the life skill is one of the non formal education programs which gives the certain skill for the students to be independent. The theories used in this research are non formal education, life skill training, and students independence. The research problems are the use of life skill sewing training, the use of life skill sewing training to improve students independence, and the factors which support or disturb the life skill sewing training to improve students independence at Al-Hikmah Society Learning Center Sukodono Sidoarjo.

This research uses qualitative method. The informants are the one who handle the Al-Hikmah Society Learning Center, the training of sewing life skill, and the students. The data collecting methods are interview, observation, and documentation. The data analysis used are data reduction, data display, minimum success criteria, and getting conclusion.

The conclusion of the research is that life skill sewing training for the students run well structurally. It means that it meets the 10 components of non formal education. The supporting factors are students motivation and enthusiasm in the training of sewing life skill. The factors which disturb the process are the students limitation in preparing the materials which are not provided by the head of Al-Hikmah Society Learning Center. This problem can be solved well. It is suggested to make the relation with industry and work field.

Keyword: life skill training, independence, students. 

Published
2013-09-11
Abstract Views: 262
PDF Downloads: 155