HUBUNGAN ANTARA PELAYANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) NGUDI KAWERUH DENGAN MINAT BACA MASYARAKAT DI SKB KABUPATEN TRENGGALEK

  • FITRI RAHMAWATI

Abstract

 Pelayanan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah kegiatan usaha pemakaian dan pemanfaatan atau pendayagunaan bahan bacaan oleh masyarakat. Tetapipada kenyataannya terdapat berbagai masalah antara lain lemahnya pengelolaan TBM, terbatasnya ketenagaan yang mengelolanya serta keterbatasan jumlah bahan bacaan dan tidak beragamnya jenis – jenis buku yang ada di TBM, merupakan masalah yang menyebabkan minat baca masyarakat sulit meningkat. Salah satu cara untuk mengatasi masalah – masalah tersebut dengan memperbaiki pelayanan Taman Bacaan Masyarakat serta pengadaan bahan pustaka yang variatif. Penelitian ini menjawab rumusan masalah, adakah hubungan antara pelayanan taman bacaan masyarakat (TBM) Ngudi Kaweruh dengan minat baca masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pelayanan taman bacaan masyarakat (TBM) Ngudi Kaweruh dengan minat baca masyarakat. Objek penelitian ini adalah pengunjung TBM. Responden yang diteliti sejumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara pelayanan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dengan minat baca masyarakat hal ini terbukti dari analisis data dihasilkan r hitung sebesar 0,411. Sedangkan r tabel dengan taraf kesalahan 5% untuk N=30 yaitu 0,361.(r hitung 0,411> r tabel 0,361) Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi dapat diketahui bahwa korelasi hitung sebesar 0,411 termasuk kategori yang sedang. Jadi terdapat hubungan yang sedang antara pelayanan TBM dengan minat baca masyarakat di SKB Kabupaten Trenggalek. Kesimpulan penelitian yaitu hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa ada hubungan antara pelayanan TBM dengan minat baca masyarakat di SKB Kabupaten Trenggalek diterima, yang artinya makin baik pelayanan TBM maka makin meningkat minat baca masyarakat.

Kata kunci: Pelayanan Taman Bacaan Masyarakat, Minat baca

Abstract

Colportage service is the activities of reading material utilization and usage by community. But in reality, there are many problems like the poor of TBM management, the limited manpower that manage as well as the limit of books amount and lack of variation on book type that available at TBM, are problems that cause society read interest hard ti improve. One of the ways to solve those problems is by improving the service of TBM and the supplying of varied literature. This research answer the problem formulation, is there any relation between the service of Ngudi Kaweruh TBM with community reading interest

This research aim to find out is there any relation between the services of Ngudi Kaweruh TBM with community reading interest. The research object is the TBM visitors. Respondent that researched amounted of 30 peoples. Method that applied in this research are questioner method, observation and documentation. Data analysis technique applying product moment analysis.

Research result show that there is a positive relation between the service of Ngudi Kaweruh TBM with community reading interest , it proved from data analysis which obtained r count as big as 0.411. While r table with error rate 5% for N=30 is 0.361 (r count 0.41 > rtable 0.361). Based on correlationcoefficient interpretation table it can be found that count correlation as big as 0.411 belong to medium category. So there is a medium relation between the service of Ngudi Kaweruh TBM with community reading interest. Research conclusion namely research hypothesis that stated there is relation between the service of Ngudi Kaweruh TBM with community reading interest is accepted, that mean the better service so the more community reading interest improvement.

Keywords: colportage service, reading interest

Published
2013-09-11
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 125