PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN PONDOK DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERIDAN KEBERHASILAN ALUMNI DI LEMBAGA KURSUS BEC (BASIC ENGLISH COURSE) SINGGAHANPELEM PARE KABUPATEN KEDIRI

  • GINA TRIANAWATI

Abstract

Kursus merupakan salah satu bentuk lembaga pendidikan luar sekolah yang memberikan pengetahuan danketerampilan tertentu berupa kecakapan hidup bagi masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Salah satunya adalahkursus bahasa inggris.Berdasarkan hasil observasi di lembaga kursus BEC (Basic English Course) Pare ditemukankemenarikan dan keunikan pada sistem pembelajarannya yaitu menerapkan sistem pondok dalam pembelajarannya.Penguasaan materi yang mendekati 100% dan tingkat keberhasilan alumni 90%. Hal ini disebabkan adanya penerapansistem pembelajaran pondok yang dikombinasikan dengan sistem pembelajaran kursus. Sehubungan dengan hal tersebutpeneliti melakukan penelitian tentang penerapan sistem pembelajaran pondok dalam meningkatkan penguasaan materidan keberhasilan alumni.Rumusan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem pembelajaranpondok yang dilaksanakan, penguasaan materinya, keberhasilan alumninya dan analisis sistem pembelajaran pondokdapat meningkatkan penguasaan materi dan keberhasilan alumni. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapansistem pembelajaran pondok, penguasaan materi, keberhasilan alumni dan menganalisis sistem pembelajaran pondokdapat meningkatkan penguasaan materi dan keberhasilan alumni.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptifkualitatif. metode observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi dalam mengumpulkan data, sertamenggunakan teknik analisis data berupa reduksi,display,dan verifikasi data juga simpulan.Ada beberapa penemuanpenelitian yaitu kurikulum didasarkan kebutuhan belajar peserta didik, penggunaan strategi pembelajaran PAIKEM,pola dan media pembelajaran tradisional, tenaga pendidik dan kependidikan yang berkompeten dalam bidang bahasainggris, peserta didik yang bervariasi, menggunakan metode ceramah, diskusi, kerja kelompok, hafalan dengan sistemhalaqah, lingkungan pembelajaran yang kondusif, tutor sebagai sumber pembelajaran hasil pembelajaran atau lulusan90% berhasil bekerja dengan jaringan mitra kerja yang dilakukan oleh lembaga.Hasil penelitian menunjukkan bahwadengan penerapan sistem pembelajaran pondok meliputi penggunaan 10 komponen pembelajaran, penguasaan materiyang mendekati 100%, keberhasilan alumni lulusan dengan luasnya jaringan mitra kerja yang dilakukan oleh lembagakursus BEC.

Kata Kunci : sistem pembelajaran pondok,penguasaan materi, keberhasilan alumni

Abstract

The course is one form of out-of-school educational institutions that provide knowledge and specific skills such aslife skills for communities within a period of time. One of them is an English course.Based on the results of observationin the course of BEC (Basic English Course) Pare found attractiveness and uniqueness in the learning system that isimplemented in the cottage system of teaching. Mastery of the material are approaching 100% and 90% success rate ofalumni. This is due to the application of the system of learning that cabin combined with learning system course. Withrespect to the application of researchers doing research on teaching system of huts in increasing mastery of thematerial and the success of alumni.Synthesis problem of this research is how the application of learning cottage systemexercised, mastery of the material; success alumnus and systems analysis of learning cottage can increase mastery ofmatter and the success of the alumni. The purpose of this research described the implementation of the cottagelearning, mastery matter, the success of the alumni and analyzing of learning cottage system can increase mastery ofmatter and the success of the alumni.This research using descriptive qualitative approach. A method of observationparticipatory, interview deep and documentation in collecting the data, and uses the technique analysis of datakeputusan reduction, display, and verification of data also drawing conclusions.There are some research findingswhich are curriculum based learning needs of learners, learning strategies, use of PAIKEM patterns and traditionallearning media, educators and educators who are competent in the field of English language learners, using variedmethods of lectures, discussions, group work, with a system of memorizing the halaqah, a conducive learningenvironment, the tutor as a source of learning outcomes or learning graduates 90% successful work with networkpartners the work done by the Agency.The result showed that by the application of learning cottage system covering theuse of 10 components of learning, mastery of material that is approaching 100 %, the success of the alumni graduateswith the breadth of a network partners work done by the institute of course bec.

Keywords :learning cottage system, mastery matter and alumni succeses

Published
2013-09-11
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 77