HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN ANEKA KERAJINAN SAMPAH PLASTIK DENGAN TERCIPTANYA WIRAUSAHA PESERTA DIDIK KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI PKBM SONGGOLANGIT PONOROGO

  • RISTA PUTRI NUR W

Abstract

Pendidikan nonformal sebagai salah satu jalur pendidikan pada sistem pendidikan nasional yang mempunyai tujuan antara lain melayani kebutuhan masyarakat yang memerlukan pendidikan. Pendidikan nonformal memiliki beberapa program. Salah satu program yang dimiliki pendidikan nonformalĀ  adalah program pelatihan. Dengan adanya pelatihan diharapkan mampu mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih baik serta meningkatkan pengetahuan, ketrampilan sikap dan penerapan terhadap sesuatu yang diharapkan. Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan kerajinan sampah plastik. Latar belakang yang semakin mendesak pentingnya proses daur ulang plastik adalah semakin meningkatnya penggunaan plastik yang menyebabkan semakin banyaknya limbah plastic di masyrakat. Sampah yang bersal dari plastic ini butuh waktu berjuta-juta tahun untuk menguraikannya. Jadi proses daur ulang sampah plastic sangat penting selain dapat mengurangi volume sampah juga dapat dijadikan barang bernilai ekonomis dengan cara daur ulang menjadi aneka kerajinan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah hubungan antara pelatihan aneka kerajinanĀ  sampah plastic dengan terciptanya wirausaha peserta didik keaksaraan fungsional di PKBM Songgolangit Ponorogo. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan antara pelatihan aneka kerajinanan sampah plastik dengan terciptanya wirausaha pada peserta didik keaksaraan fungsional di PKBM Songgolangit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional. Hasil dari penelitian ini adalah koefisien korelasi antara penguasaan kerajinan tangan dari sampah plastic dengan terciptanya wirausaha sebesar 0,778 adalah signifikan. Dengan r table untuk N=30 dan rtabel =0,361, maka Ha diterima. Artinya penguasaan kerajinan tangan berkorelasi positif dengan terciptanya wirausaha baru, jadi semakin bagus penguasaan kerajinan tangan dari sampah plastic maka makin meningkatkan peluang terciptanya wirausaha baru.

Kata kunci : pendidikan non formal, pelatihan, wirausaha

Abstract

Non formal education is one of education tracks in the national education system that has a purpose for serving people needs in education. Non formal education has some programs. One of its programs is training program. Hopefully, it could change mass behavior in order to be better in the future; also, could improve knowledge, attitude, skill, and implementation toward certain things. A Training program which is mentioned above is plastic waste handicrafts training. The problem background that is urging the importance of recycling waste is because increasing plastic usage and has caused innumerable waste in the environment. Waste that is came from plastic need million years to decompose. Therefore, recycling plastic waste to be various handicrafts is very important not only decreasing waste volume, but also making plastic waste become useful and has economic values. The problem background that is urging the importance of recycling waste is because increasing plastic usage and caused innumereable waste in the environment. Waste that is came from plastic need million years to decompose. Therefore, recycling plastic waste to be various handicrafts is very important not only decreasing waste volume, but also making plastic waste become useful and has economic values. Formulation of the problem from this research is, are there any connection between plastic waste handicrafts training with creating business of functional literacy student in PKBM SonggolangitPonorogo. So the purpose of this research is to analyze and describe connection between plastic waste handicrafts training with creating business of functional literacy student in PKBM SonggolangitPonorogo. This research makes use of quantitative correlation method. The result from this research is: correlation coefficient between mastery in making handicrafts from plastic waste with creating business as 0,778 is significant. By rtablefor N=30 and rtable=0,361, so Ha is accepted. It means mastery in making handicrafts is positively correlated with creating new business. In conclusion, mastery in making various handicrafts from plastic waste turns big opportunities to make new business.

Key Words: Non Formal Education, Training, Business

Published
2013-09-11
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 24