IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CERAMAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK ASUH YANG MANDIRI, DISIPLIN, DAN BERTANGGUNG JAWAB DI LKSA SABILUL MUHTADIEN KOTA BLITAR

  • Achmad Jamaludin Asyafii Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Angka kemiskinan yang tinggi di Indonesia adalah salah satu faktor penyebab banyaknya angka perceraian yang ada di Indonesia. Tingginya angka perceraian menyebabkan banyak anak yang tidak mendapatkan haknya baik secara finansial, pendidikan, atau kasih sayang dari orang tuanya. Untuk memenuhi hak anak, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memasukkan anak ke LKSA. Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) merupakan salah satu lembaga yang memberikan pemenuhan hak anak secara sementara. Didirikannya lembaga ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial serta memenuhi hak hidup dan hak untuk memperoleh pendidikan dan penghidupan yang layak bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran ceramah dalam melaksanakan pendidikan karakter anak asuh di LKSA Sabilul Muhtadien. Serta mengetahui cara mendidik dan mengasuh anak agar terpenuhi semua kebutuhan dan haknya. Metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan analisis deduktif, yaitu dari yang bersifat umum menuju hal yang bersifat khusus. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ceramah dalam pembentukan karakter anak asuh di LKSA Sabilul Muhtadien efektif dalam meningkatkan karakter anak, yaitu anak menjadi bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya seperti ibadah serta mengerjakan tugas sekolah tanpa paksaan.

Published
2022-06-03
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 73