Pendampingan Belajar Anak Jalanan Untuk Motivasi Belajar Melalui Program Kegiatan Mengajar Pada Komunitas Save Street Child Surabaya (SSCS)

Authors

  • Aina Aqlicia Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendampingan belajar melalui program kegiatan mengajar dianggap efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik anak jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program kegiatan mengajar, faktor pendukung, dan faktor penghambat pendampingan belajar anak jalanan melalui program kegiatan mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, verifikasi data atau kesimpulan. Setelah tahapan tersebut data diuji keabsahannya dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pendamping memberikan dorongan, nasihat, motivasi, arahan, dan aspek-aspek pribadi lainnya agar terwujudnya motivasi belajar anak jalanan. Faktor pendukung anak jalanan dilihat dari faktor internal (minat, bakat, kesehatan, motivasi, intelegensi), faktor eksternal nya berupa lingkungan sekitar, keluarga, masyarakat. Faktor penghambat belajar dapat dilihat dari kesulitan belajar nya, penguasaan bidang studi yang dipelajari, dan dilihat dari segi penyebab. Adanya pendampingan belajar membuat anak jalanan mengalami kemajuan dan kemauan dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-08

How to Cite

Aqlicia, A., & Yulianingsih, W. (2024). Pendampingan Belajar Anak Jalanan Untuk Motivasi Belajar Melalui Program Kegiatan Mengajar Pada Komunitas Save Street Child Surabaya (SSCS). J+PLUS UNESA, 13(1), 496–504. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/60312
Abstract views: 6 , PDF Downloads: 4

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>