Implementasi Metode Pembelajaran Diferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian pada Warga Belajar Program Kesetaraan Kelas Inklusi Paket B SKB Gudo Jombang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dalam meningkatkan kemandirian warga belajar kesetaraan kelas inklusi Paket B di SKB Gudo Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi dengan subjek kepala SKB, tutor, dan warga belajar inklusi. Analisis data dilakukan menjadi 4 tahapan yaitu: analisis sebelum lapangan, reduksi data, display data(penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode Pembelajaran Diferensiasi di SKB Gudo melalui tiga tahap: input (asesmen awal, perencanaan), pelaksanaan (proses pembelajaran), dan output (hasil, evaluasi kemandirian). Peningkatan kemandirian warga belajar dilihat pada aspek akademik (membaca, berhitung, menulis, menalar), sosial (interaksi, kerjasama), dan emosional (kepercayaan diri, regulasi diri), sehingga warga belajar yang masuk dalam kelas inklusi adalah warga belajar yang terpilih melalui proses tahapan yang berkelanjutan mulai dari awal masuk hingga lulus. Lembaga SKB Gudo Jombang harus mengoptimalkan kolaborasi dan sumber daya, tutor meningkatkan kapasitas untuk mengelola perbedaan kemampuan, dan warga belajar mendapatkan dukungan individual yang intensif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

