Penerapan Program Belajar Sambil Bermain Tradisional dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Anak di Kampung Lali Gadget Sidoarjo
Abstract
Kecanduan gadget pada anak-anak semakin meluas dan berdampak negatif, terutama jika terjadi pada masa keemasan perkembangan. Hal ini dapat menghambat tumbuh kembang anak. Program belajar sambil bermain berbasis tradisional di Kampung Lali Gadget hadir sebagai solusi inovatif untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program tersebut serta efektivitasnya dalam mengurangi intensitas kecanduan gadget pada anak-anak di Kampung Lali Gadget Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program belajar sambil bermain tradisional di Kampung Lali Gadget efektif dalam mengurangi kecanduan gadget pada anak. Program ini sejalan dengan teori konstruktivisme sosial Vygotsky, yang menekankan pentingnya interaksi sosial dalam proses belajar. Melalui permainan tradisional yang dilakukan secara berkelompok, anak-anak memperoleh pengalaman belajar yang aktif, menyenangkan, serta mampu membangun kebiasaan positif, interaksi sosial yang sehat, dan mengalihkan perhatian dari penggunaan gadget secara berlebihan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 92
,
PDF Downloads: 129




