Peran Pendidik dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Santri melalui Aplikasi Quizizz di TPQ Darussalam Dayu Kabupaten Sidoarjo
Abstract
Peran pendidik sangat penting dalam dunia pendidikan, tidak hanya untuk menyediakan bahan pengajaran, tetapi juga untuk merancang kegiatan belajar, menentukan strategi dan model pembelajaran, dan untuk membuat diri mereka terlalu nyaman untuk mendukung siswa.tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui aplikasi Quizizz di TPQ Darussalam Dayu Kabupaten Sidoarjo. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Untuk mengumpulkan data, teknik yang digunakan mencakup wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, langkah-langkah yang diambil meliputi pengumpulan data, pengurangan data, serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Quizizz, yang didukung oleh peran aktif pendidik mampu menumbuhkan minat dan motivasi santri untuk belajar secara lebih antusias, namun terdapat beberapa hambatan, seperti keterbatasan perangkat dan kendala jaringan internet. Pendidik mengatasi hambatan tersebut dengan peminjaman perangkat, penggunaan kuis secara bergantian, dan pemberian bimbingan bagi santri yang mengalami kesulitan. Secara keseluruhan, penerapan aplikasi Quizizz mampu meningkatkan motivasi belajar santri, terutama karena pendekatan pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini direkomendasikan agar pendidik lebih memaksimalkan penggunaan Quizizz serta mengintegrasikan fitur evaluasi dengan pembelajaran tatap muka guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang holistik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

