EVALUASI FUNGSI MANAJEMEN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DASAPRATAMA  KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK

  • ANDIKA DWI PRASETYAWAN

Abstract

ABSTRAK

Penelitian tentang Evulasi fungsi manajemen Lembaga Bimbingan Belajar dilakukan untuk mengetahui rangkaian proses atau kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan dilaksanakan oleh lembaga atau organisasi dimana antara satu dengan yang lain juga memiliki ketergantungan untuk proses pelaksanaan tugas tersebut, pertama yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pengawasan, penilaian selain pada pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen diatas, peneliti juga memfokuskan penelitiannya pada kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh LBB dan melihat pelaksanaan fungsi manajemen di Lembaga Bimbingan Belajar Dasapratama Kec. Kertosono Kab. Nganjuk. Lembaga Bimbingan Belajar sendiri bertujuan untuk membantu dan membekali individu (peserta didik) agar dapat menyesuaikan diri dengan situasi belajarnya, membentuk kebiasaan-kebiasaan belajar yang positif agar mencapai prestasi yang optimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari Staf, Tenaga Pengajar, Pendiri dan Penyelenggara Lembaga Bimbingan Belajar Dasapratama Kec. Kertosono Kab. Nganjuk. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi selanjutnya data di analisis, di deskripsikan, serta diuji dengan triangulasi.

Evaluasi Fungsi manajemen Lembaga Bimbingan Belajar sudah berjalan lancar. Sedangkan kekurangannya adalah pengurus yang berkompetensi kurang memiliki regenerasi. Hal ini yang menjadi salahsatu faktor penghambat, dan gedung yang kurang terfokus. Adapun saran yang dapat di berikan adalah pemusatan gedung, memperbaiki sistem rekrutmen karyawan dan perlu pengembagan LBB yang semula cuma menjadi wacana seharusnya segera di realisasaikan dalam tempo jangka panjang, sehinga LBB Dasapratama tidak hanya di kenal di wilayah lokal saja.

Kata Kunci: Evaluasi, Fungsi manajemen, Lembaga Bimbingan Belajar

ABSTRACT

Research concerning the evaluation of learning guidance institution conducted to find out the proses sequence or activity to reach the goal that have decided dan applied by institution or organization whereas between each other also have dependence for those task implementation process, first namely : planning, organizing, movement, supervision, assessment, beside on the implementation of management functions above, researcher also focusing its research on the advantageous and disadvantageous of LBB and observe the implementation of management functions on LBB Dasapratama sub district Kertosono, Nganjuk District. Learning guidance institution it self have purpose to assisst and preparing individual (learner) in order to can adapt itself with the real learning situation, form a positive learning habit to reacj optimal achievement. The approach that applied in this research is descriptive qualitative. Data sources come from staff, tutor, founder and the organizer of LBB Dasapratama on Nganjuk District. Method that applied on data collection are by observation, interview, and documentation then data will be analyzed, described and tested with triangulation. The evaluation of learning guidance institution already run well. While the disadvantageous is competence management lack of regeneration. It become one of the demotivating factors and the building that lack of focus. Suggestion that can be proposed is the building centered, improve the employee recruitment system, and LBB development that form discourses to realization on long term, so that LBB Dasapratama simply well known on local area.

Keywords : evaluation, management function, learning guidance institution.

Published
2014-05-09
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 473