HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KESETARAAN PAKET C DI UPTD SKB GUDO JOMBANG

  • MOHAMMAD ZAINURI

Abstract

Kompetensi tutor adalah sebagai gambaran tentang apa yang seyogyanya dikuasai oleh tutor untuk dapat melaksanakan pekerjaannya, baik berupa kegiatan, berperilaku maupun hasil yang dapat ditunjukkan. Dalam hubungannya dengan kegiatan belajar mengajar, yang terpenting bagaimana menciptakan kondisi atau suatu proses yang mengarahkan peserta didik untuk melakukan aktivitas belajar. Sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tetapi pada kenyataannya terdapat berbagai masalah antara lain tutor yang hanya mengajar asal-asalan, kurang memahami bakat peserta didik. Salah satu cara untuk mengatasi masalah–masalah  tersebut dengan menciptakan proses pembelajaran yang kreatif, efektif dan inovatif sehingga sedikit banyaknya dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menjawab rumusan masalah, adakah hubungan antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar peserta didik kesetaraan paket C di UPTD SKB Gudo Jombang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar peserta didik kesetaraan paket C di UPTD SKB Gudo Jombang. Objek penelitian ini adalah peserta didik paket C. Responden yang diteliti sejumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar peserta didik kesetaraan paket C hal ini terbukti dari analisis data dihasilkan r hitung sebesar 0,416. Sedangkan r tabel dengan taraf kesalahan 5% untuk N=30 yaitu 0,361.(r hitung 0,416> r tabel 0,361) Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi dapat diketahui bahwa korelasi hitung sebesar 0,416 termasuk kategori yang sedang. Jadi terdapat hubungan yang sedang antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar peserta didik kesetaraan paket C di SKB Gudo Jombang. Kesimpulan penelitian yaitu hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa ada hubungan antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar peserta didik kesetaraan paket C diterima, yang artinya semakin baik kompetensi yang dimiliki oleh tutor maka akan semakin baik pula motivasi belajar peserta didik.

 

Kata kunci: Kompetensi tutor, Motivasi belajar 

 

Abstract

Competence tutor is a picture of what should be controlled by the tutor to be able to do the job, either in the form of activities, behavior and results can be shown. In conjunction with teaching and learning activities, most importantly how to create a condition or a process that directs students to perform learning activities. So as to increase the motivation of learners. But in fact there are a variety of problems including a tutor who teaches only perfunctory, less talent learners understand. One way to overcome these problems by creating a creative learning process, effective and innovative so that more or less can affect learners' learning motivation. This study answers the formulation of the problem, is there a relationship between competence tutor with learners' learning motivation equality in UPTD SKB package C Gudo Jombang.

This research aims at finding out if the relationship between competence tutor with learners' learning motivation equality in UPTD SKB package C Gudo Jombang. Object of this research is the package learners C. Respondents who studied some 30 people. The method used in this study is a questionnaire method, observation and documentation. Analysis using product moment correlation analysis.

The results showed that there is a positive relationship between competence tutors with learners' learning motivation package equality C it is evident from the analysis of data generated r count of 0.416. While r table with a 5% error level for N = 30 is 0.361. (R count 0.416> r table 0.361) Based on the interpretation of the table it can be seen that the correlation coefficient correlation of 0.416 count being categorized. So there is a relationship between the competence of tutors who are the learners' learning motivation equality in the LCS package C Gudo Jombang. Conclusions of research that studies the hypothesis which states that there is a relationship between tutor competence and motivation of learners equality C package is received, which means the better the competency of the tutor, the better the motivation of learners.

 

Keywords: Competence tutor, learning motivation 

Published
2014-05-09
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 34