PERAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM RANGKA REHABILITASI SOSIAL REMAJA TERLANTAR DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PELAYANAN SOSIAL REMAJA TERLANTAR (UPT. PSRT ) JOMBANG

  • ETIK SURAIYAH

Abstract

Rehabilitasi sosial merupakan rangkaian kegiatan yang berfungsi untuk mengembalikan peran klien menjadi anggota masyarakat yang sesuai dengan norma yang berlaku. Rehabilitasi sosial memiliki hubungan penting dengan pendidikan luar sekolah karena pelaksanaan rehabilitasi dilakukan secara non formal dengan pendekatan personal yang intensif. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan proses rehabilitasi sosial di UPT PSRT Jombang, mendeskripsikan tanggapan klien mengenai rehabilitasi sosial yang diterima dan mendeskripsikan perubahan yang diperoleh klien setelah mendapatkan rehabilitasi sosial. 

 

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dimana penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dengan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sasaran penelitian ini adalah pegawai UPT PSRT Jombang yang mencakup pekerja sosial, instruktur keterampilan, dan staff lain serta klien UPT PSRT Jombang. Peneliti melakukan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas.

 

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pendidikan luar sekolah memiliki peranan dalam rehabilitasi sosial. Pelaksanaan bimbingan sosial, bimbingan mental, bimbingan fisik serta bimbingan keterampilan merupakan bentuk pendidikan luar sekolah yang berfungsi untuk membiasakan klien disiplin dan mandiri. Keberadaan instruktur dan sarana prasarana yang mampu mendukung kegiatan tersebut. Akan tetapi faktor penghambat terdapat pada motivasi klien serta sarana dan prasarana yang apabila terdapat kerusakan, pengadaan kembali sarana prasarana tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

Kata kunci : Rehabilitasi Sosial, Pendidikan Luar Sekolah

ABSTRACT

Social rehabilitation is a series of activities to restore the role of the client is a member of the community in accordance with the norms of the place. Social rehabilitation has an important relationship with non formal education for the rehabilitation carried out in non-formal with intensive personalized approach. The purpose of this study is used to describe the process of social rehabilitation in UPT PSRT Jombang, describe the responses of the clients received social rehabilitation and describes the changes that the client obtained after getting social rehabilitation.

 

This research uses descriptive qualitative method. Where the study was conducted by collecting data with in-depth interviews, observation and documentation. Objectives of this study were employees of UPT psrt Jombang which includes social workers, skills instructors, and other staff and clients UPT PSRT Jombang. . Researchers conducted the validity of data using techniques of credibility, dependability, confirmability and transferability.

 

From these results, it can be concluded that non formal education has a role in social rehabilitation. Implementation of social guidance, counseling mental, physical guidance and skills guidance, non formal education is a form of education that serves to familiarize the client and self discipline. The existence of the instructor and infrastructure capable of supporting such activities. However, there is a limiting factor in the motivation of the client and the facilities and infrastructure when there is damage, re-procurement infrastructure requires considerable time.

Key word : social rehabilitation, non formal education

Published
2014-05-09
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 866