HUBUNGAN PELATIHAN AKSESORIS TERHADAP MOTIVASI WIRAUSAHA PESERTA DIDIK KESETARAAN KEJAR PAKET C DI BUNULREJO KOTA MALANG

  • AZMIER NADYA

Abstract

Non-formal education as a path of education in te national education system has a purpose among others serve the needs of the community in need of education as a substitute, enhancer, and complement formal education in order to support life long learning and developmentally appropriate claim to the times. (UUD Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Training was an activity undertaken in a short time held in order to improve the skills, knowledge, attitudes and skills of manufacture accessories.

       The pupose of this study was to determine relation training accessories training onentrepreneurial students’ motivation inpackagecbunulrejo malang. for acquire research used in this study was a quantitative approach. Object of study was 30 students. Using a pre experimental design method that aimed to relation the effect of independent variables on the dependent variable. Research design used one group pretest postes design with a pattern of O1 X 02. 

       Based on the analysis and hypothesis testing in mind that the state of the learners before training gained an average of 53,2 while for after training gained an average of 71,5. Hypothetis testing results obtained 0.000 probability is smaller than the real level of  0.05. this proved that Ha was accepted an Ho rejected. So the conclusion was that the motivation before training acquired lower category but after training was increased skills. So there significant motivation training on entrepreneurial skills

 

ABSTRAK

 

          Pendidikan luar sekolah sebagai salah satu jalur pendidikan pada sistem pendidikan nasional mempunyai tujuan antara lain melayani kebutuhan masyarakat yang memerlukan pendidikan sebagai pengganti, penambah, dan pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat yang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan perkembangan zaman. (UUD Sisdiknas, No.20 Tahun 2003. Pelatihan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam waktu relatif singkat yang diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, sikap dan kemampuan tentang pembuatan aksesoris.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan  pelatihan aksesoris terhadap motivasi wirausaha peserta didik kesetaraan kejar paket C Di Bunulrejo Kota Malang. Untuk mendapatkan data penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah 30 peserta didik. Menggunakan metode pra eksperimen design yang bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat. Desain penelitian menggunakan desain one group pretest posttest dengan pola O1 X O2..

Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis diketahui bahwa keadaan peserta didik sebelum pelatihan diperoleh rata-rata 53,2 sedangkan untuk setelah pelatihan diperoleh rata-rata 71,5. Hasil pengujian hipotesis diperoleh probabilitas 0.000 lebih kecil dari taraf nyata 0.05. hal ini membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi kesimpulannya adalah bahwa motivasi sebelum pelatihan diperoleh kategori rendah tetapi setelah pelatihan keterampilan meningkat. Jadi terdapat hubungan pelatihan aksesoris terhadap motivasi wirausaha.

Published
2014-05-09
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 17