PELATIHAN KETERAMPILAN SERVIS ELEKTRONIK DALAM UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN KLIEN DI UPT PELAYANAN SOSIAL REMAJA TERLANTAR DINAS SOSIAL PROVINSI JAWA TIMUR DI BOJONEGORO

  • VICA SOVI ERLYANI

Abstract

Banyaknya Remaja yang putus sekolah yang menjadikan salah satu faktor pengangguran. Melihat realita ini UPT Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Bojonegoro menyelenggarakan pelatihan Keterampilan servis elektronik dalam upaya menumbuhkan motivasi kewirausahaan, upaya ini bertujuan untuk menstimulus para klien agar mereka termotivasi untuk hidup mandiri dan berwirausahaa setelah mengikuti pelatihan servis elektronik.

Tujuan Pelatihan ini adalah untuk (1) mengetahui tentang pelaksanaan pelatihan keterampilan servis elektronik, (2) mengetahui tentang pelatihan mampu menumbuhkan motivasi klien pelatihan servis elektronik, ( 3) mengetahui tentang faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelatihan servis elektronik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif analitik dengan pendekatan fenomenologi dan interaksi simbolik, yang bertujuan membantu memecahkan masalah yang terjadi pada masa sekarang serta berpusat pada masalah aktual sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah klien, instruktur pelatihan, dan penyelenggara pelatihan. Untuk meningkatkan kepercayaan hasil penelitian dan keabsahan data digunakan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan ketrampilan servis elektronik  di UPT secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dan aspek-aspek pelaksanaan pelatihan (2) Selain memberikan pelatihan keterampilan pihak UPT juga mengarahkan para klien untuk belajar dan praktek secara langsung mengelola suatu usaha, hal ini adalah salah satu implementasi dari kegiatan ekstra yang diadakan oleh klien. (3) Faktor  yang mendukung pelaksanaan pelatihan keterampilan servis elektronik yang sangat dominan adalah Motivasi klien dalam mengikuti pelatihan dan faktor penghambat pelaksanaan pelatihan keterampilan servis elektronik antara lain adalah Informasi tentang pelaksanaan program kegiatan UPT kurang maksimal penjangkauannya untuk sampai keseluruh pelosok desa, sehingga banyak para remaja yang putus sekolah belum bisa mengikuti.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Motivasi Kewirausahaan

 

Abstract

The number of teenagers who drop out who makes one of the factors of unemployment. Seeing this reality UPT Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Bojonegororn held electronic service skills training in an effort to foster entrepreneurial motivation, the effort aims to stimulate the clients so that they are motivated to live independently and berwirausahaa after electronic service training.

The purpose of this training is to (1) learn about the implementation of electronic service skills training, (2) find out about training the client is able to grow motivation electronic service training, (3) learn about supporting factors and obstacles for the implementation of electronic service training. The approach used in this study that is descriptive analytical approach with a phenomenological approach and symbolic interaction, which aims to help solve the problems that occur in the present as well as when the actual problem based on the data collection technique is done by means of observation, interview and documentation. Informants in this study is the client, instructor training, and maintainer training. To increase the trust and legitimacy of the results of research used data credibility, dependabilitas, konfirmabilitas and transferabilitas.

The results of this study are as follows: (1) Implementation of electronic service skills in overall UPT already well underway in accordance with the objectives and implementation aspects of training (2) In addition to providing the skills training UPT also directs the client to learn and practice directly managing a business, this is one of the implementation of the extra activities that are held by the client. (3) factors that support the implementation of electronic service skills training is a very dominant motivation in training clients and factors inhibiting the implementation of electronic service skills training include information about the implementation of the program of activities for the UPT less than the maximum outreach to remote villages throughout, so many teens who dropped out of school can not keep up.

 

Keywords: Training, Entrepreneurship Motivation 

Published
2014-05-09
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 701