Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus Tentang Pendidikan Dalam Keluarga Peserta Play Group” Mamba’ul Hisan” Babatan Wiyung Surabaya)

  • KUKUH AJI NUGROHO SUMIRAT

Abstract

Kemandirian merupakan salah satu kebutuhan anak yang harus terpenuhi karena kemandirian termasuk dalam kebutuhan akan aktualisasi diri yang sangat penting sebagai bekal anak dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam perkembangannya, kemandirian anak usia dini merupakan proses belajar yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah peranan orang tua. Fokus penelitian dari penelitian ini antara lain bagaimana peranan orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia dini, bagaimana aktivitas anak selama mengikuti pembelajaran di lembaga Play Group Mamba’ul Hisan, dan bagaimana pola asuh orang tua terhadap anak usia dini saat berada dirumah. Sasaran penelitian ini adalah peserta Play Group Mamba’ul Hisan dan orang tua peserta. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pengambilan data dilakukan secara observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis, dideskripsikan, serta diuji dengan trianggulasi untuk menguji keabsahan data. Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk kemandirian anak usia dini. Mengingat sebagian besar waktu anak dihabiskan bersama dengan orang tua. Orang tua yang sudah membiasakan anak untuk mulai mengerjakan tugasnya sendiri anak menjadikan anak lebih mandiri dimanapun dia berada. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa peranan orang tua memiliki kontribusi yang besar terhadap kemandirian anak usia dini. Usaha Bunda yang aktif untuk menumbuhkan sikap mandiri saat anak berada di lembaga Play Group Mamba’ul Hisan juga sangat membantu dalam menumbuhkan kemandirian anak. Maka dari itu perlu adanya kerjasama antara orang tua dan Bunda untuk membantu membentuk kemandirian anak. Kata kunci: Peranan orang tua, kemandirian anak usia dini Abstract Self-reliance is one of the child's needs that must be met for independence included in the self-actualization needs are very important to equip children in the higher educated and face various problems in daily life . During its development the independence of early childhood learning is a process that is influenced by various factors one of which is the role of parents . The focus of this research study among others how the role of parents in shaping early childhood independence how the children during the learning activity in the Play Group “Mamba'ul Hisan” institutions and how the parenting of parents of young children while at home . The target of this study is that participants “Mamba'ul Hisan” Play Group and parent participants Methods This study uses descriptive qualitative method. The process of data collection conducted participant observation, interviews and documentation. Furthermore, the data were analyzed described. And tested by triangulation to test the validity of the data. Parents have a very important role in shaping early childhood independence. Given that most of the time children spent with their parents. Parents who already get children to start doing his job alone to make children more independent children wherever he is. From the research conducted it can be concluded that the role of parents has a major contribution to the independence of early childhood. Mother of active efforts to foster an independent attitude when children are in institutions Play Group “Mamba'ul Hisan” also very helpful in growing child's independence. Thus the need for cooperation between parents and Mother to help shape the child's independence. Keywords : role of parents , early childhood independence

Published
2014-05-09
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 113