Karakteristik Dan Tipologi Penyelenggaraan TBM Budi Luhur Di Kabupaten Pasuruan Dan TBM Manca Di Kota Blitar

  • KHARISMA IDHA

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yaitu salah satu program pendidikan nonformal adalah suatu tempat untuk pengunjung membaca bukuyangdibutuhkan. Suatu penelitian tentang karakteristik dan tipologi penyelenggaraan TBM di desa Karangsentul kabupaten Pasuruan dan kota Blitar. Dengan TBM Budi Luhur yang berada di Desa bertempat dengan rumah pembina TBM Budi Luhur, sedangkan untuk TBM Manca yang berada di kota dekat tempat taman wisata Kebon Rojo.Yang bertujuan untuk mengetahui akan perbedaan akan karakteristik dan pelayanan TBM yang berada di desa dan kota, agar dapat menjadi masukan pengelola TBM yang lainnya. Karakteristik yang dilihat dari TBM yaitu pelayanan dari TBM tersebut. Penelitian ini nantinya akan menjawab rumusan masalah (1) Bagaimana karakteristik dan tipologi penyelenggaraan TBM di desa Karangsentul kabupaten Pasuruan dan kota Blitar? dan (2) Bagaimana layanan TBM di desa Karangsentul kabupaten Pasuruan dan kota Blitar?.

Pendekatan penelitian dalam penelitian kali ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TBM Budi Luhur desa Karangsentul kabupaten Pasuruan dan TBM Manca kota Blitar. Subjek dalam penelitian kali ini adalah pengelola, pengurus, dan pengunjung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan Data yaitu kredibilitas yang meliputi triangulasi.

Hasil dari penelitian ini peneliti fokuskan kepada dua indikator yaitu karakteristik dan tipologi penyelenggaraan TBM, dan pelayanan TBM. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa karakteristik dan tipologi penyelenggaraan, dan pelayanan TBM yang berada di desa Karangsentul kabupaten Pasuruan dan kota Blitar. Dengan demikian saran dari peneliti sendiri adalah ditunjukkan terutama kepada pengelola dan pengurus untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengunjung TBM.

 

Kata Kunci: Karakteristik dan Tipologi penyelenggaraan TBM, Pelayanan

Abstract

Readingroom society is a non-formal education program is a place for visitors to read book required. A study of the characteristics and typology implementation of readingroom society Budi Luhur in Kabupaten Pasuruan and readingroom society Manca in country Blitar. By readingroom society Budi Luhur located in the village housed with home builder readingroom society Budi Luhur, while for readingroom society Manca who was in country near the theme parks Kebun Rojo. Aimed to determine the characteristics and differences will be in the service of the readingroom society villages and towns, in order to readingroom society can be the manager of the other inputs. This study will answer the problem formulation (1) How do the characteristics and implementation of readingroom society in the village typology Kabupaten Pasuruan regency and city of Blitar? and (2) How to service readingroom society in Kabupaten Pasuruan regency and readingroom society Manca in country of Blitar?.

The research approach in this study by used a qualitative research approach. The research was conducted in readingroom society Budi Luhur village of Pasuruan regency and readingroom society Karangsentul Manca Blitar city. Subjects in this study were managers, administrators, and visitors. Data was collected by observation, interviews, and documentation. Analysis using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Date validity is credibility which includes triangulation.

The results of this study, researchers focused on two indicators: characteristics and typology implementation of readingroom society, and readingroom society services. The results concluded that the characteristics and typology of implementation, and services that were located in the village readingroom society Karangsentul Pasuruan regency and city of Blitar. Thus the suggestion of the researchers themselves are indicated primarily for managers and administrators to always provide the best service to visitors readingroom society.

Keywords:Characteristics and Typology TBM implementation, service

Published
2014-05-09
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 50