ANALISIS PELAKSANAAN CHILD RIGHTS PROGRAM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK JALANAN DI YAYASAN ALIT SURABAYA

  • LUKMAN AJI AFFANDI

Abstract

Child Rights Program adalah program sebagai upaya pemberdayaan anak jalanan, dan dalam proses pemberdayaan tersebut anak jalanan diberikan kegiatan pendidikan dan pelatihan. Adanya pendidikan dan pelatihan itu sebagai bentuk pemenuhan hak-hak anak jalanan yang belum terpenuhi. Dalam pelaksanaannya child rights program terdiri dari 3 (tiga) kegiatan yaitu pendidikan anak usia dini (PAUD), pelatihan musik angklung serta pelatihan olahraga athletik. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas pelaksanaan child rights program dalam meningkatkan kesejahteraan sosial anak jalanan. Sesuai dengan tema yang dibahas dalam penelitian maka peneliti menentukan fokus penelitian sebagai berikut, (1) bagaimana pelaksanaan Child Rights Program di Yayasan ALIT Surabaya dan (2) apakah pelaksanaan Child Rights Program dapat meningkatkan kesejahteraan sosial anak jalanan di Yayasan ALIT Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data angket (kuesioner), wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Didukung dengan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, teknik dan waktu.

Hasil penelitian di Yayasan ALIT Surabaya pada pelaksanaan child rights program, berjalan dengan efektif hal itu dapat dilihat dari aspek antara lain: pengorganisasian peserta, pengorganisasian tujuan dan bahan ajar, metode pelatihan/pembelajaran, alokasi waktu, dana belajar, tempat dan sarana pendukung, sumber belajar, iklim sosial pembelajaran/suasana pembelajaran serta evaluasi, dan diperkuat dengan hasil angket pada setiap kegiatan,yang menunjukkan prosentase yang baik. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa child rights program dapat meningkatkan kesejahteraan sosial anak jalanan di Yayasan ALIT Surabaya. Dengan indikator terpenuhinya hak anak jalanan meliputi: hak untuk hidup layak, hak untuk berkembang, hak untuk dilindungi,  hak untuk berperan serta, serta hak untuk memperoleh pendidikan. Saran yang dapat diberikan untuk Yayasan ALIT Surabaya, sebaiknya ditambahkan kegiatan pada child rights program seperti bimbingan belajar, serta perlu dilakukan pembinaan dan pendampingan lebih lanjut.

Kata kunci : child rights program, kesejahteraan sosial anak jalanan.

 

 

ABSTRACT

 

Child Rights Program is a program empowerment of street childreen, and in that process, street child is given education and exercise activities. Those education and exercise as a form of fulfillment street child rights that has not been fulfilled. In the implementation, Child Rights Program consists of 3 (three) activities, those are of early childhood education, Angklung music exercise and athletics exercise. Thus, this study will discuss the implementation of Child Rights Program to increase social prosperity of street child. Based on the explanation above, the researcher focuses on: (1) How to implement Child Rights Program in ALIT fondation of Surabaya (2) Does Child Rights Program can increase social prosperity of street child in ALIT fondation of Surabaya.

This studywas designed as descriptive qualitative approach. The researcher gotthe data through (questionnaire), interview, observation, and documentation. It also uses data analyze technique which are reduction data, presentation of  data, and verification data. Supported by using trianggulasi source of data, technique, and time

The result of this study in ALIT fondation of Surabaya work effectively. It can be seen through some aspects as the following: organized participant, organized purpose and material, exercise/learning method, time allocation, learning fund, supporting place and tools, source of learning, Social climate learning/ atmosphere of learning and evaluation, and now with the results reinforced on each activity, which shows a good percentage. The result of this study indicates that Child Rights Program can increase street child social prosperity in ALIT fondation of Surabaya. With Indicator fulfilled street children rights by covering: the right to life, the right to develop, the right to be protected, the right to participate, as well as the right to acquire education. The researcher suggest that ALIT fondation of Surabaya should add an activity in Child Rights Program such as learning guidance, and also need Guidance and flanking further

Key words: Child Rights Program, social prosperity of street child.

Published
2014-05-09
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 632