IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DI  LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA KRIAN KABUPATEN SIDOARJO

  • MIRA RIZKA FADHIANA

Abstract

Bimbingan Belajar adalah salah satu program pendidikan luar sekolah dalam bidang layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Kemajuan dan keberlanjutan organisasi dalam bimbingan belajar Primagama dapat ditentukan oleh sistem manajemen baik mengatasi permasalahan internal ataupun perubahan secara eksternal, sehingga alasan tersebut menjadi latar belakang peneliti ingin meneliti tentang bagaimanakah implementasi fungsi-fungsi manajemen yang meliputi aspek-aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pembinaan dan penilaian di lembaga bimbingan belajar Primagama Krian Kabupaten Sidoarjo?

Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian pada manajer, staf, pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kriteria keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Sedangkan dalam teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verivikasi data.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi fungsi-fungsi manajemen yang ada di lembaga bimbingan belajar Primagama Krian Kabupaten Sidoarjo telah berjalan dengan baik, terbukti dengan adanya perencanaan program-program yang ada di Primagama telah menjawab kebutuhan masyarakat. Pengorganisasian berjalan efektif dan efisien sesuai dengan tugas dan jawab masing-masing. Penggerakkan melalui pendekatan pemenuhan kebutuhan sudah terpenuhi sebagai upaya meningkatkan kinerja staf dan pendidik. Pembinaan di lakukan dengan cara pengawasan terhadap staf untuk mengetahui sebagaimana perencanaan program berjalan dan kekurangan program yang dilaksanakan. Penilaian di lihat dari banyaknya peserta didik dan tingkat prestasi yang telah dicapai, sebagai tolak ukur kesuksesan manajemen Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Krian Kabupaten Sidoarjo

 

Kata kunci: Fungsi-Fungsi Manajemen, Lembaga Bimbingan Belajar

 

Abstract

            Tutoring program is one of non formal education in the field of education that serves as a subtitute for, or an addition and complement formal education in support of life long education. Progress and sustainability of the organization in the field of learning Primagama management ststem can be determined bt either resolve internal problems or external changes, thus the reason for the background of the researchers wanted to examine how the implementation of the management functions that include aspects of planning, organizing, motivating, conforming and evaluating in tutoring agencies Primagama Krian distric of Sidoarjo?

The approch taken is a qualitative descriptive approach. The subject of research on managers, staff, educators, and learners. Techniques of data collection using interviews, observation, and documentation. Criterion validity of the data using thr credibility, trabferabillity, dependability, and confirmability. Whereas the data analysis techniques using data reduction, data display, and verification of dats.

The result of the study showed that the implementation of management functions that exist in tutoring agencies Primagama Krian distric of Sidoarjo have been going well, as evidenced by the lack of the planning programs that exist in Primagama has answered the needs oh the community. Organization runs effectively and efficienly in accordance with the duties and responsibilities of each. Mobilization through the fulfillment of the needs are met approach to boost the performance of staff and educator. Conforming is done by monitoring the planning staff to know as the program runs and the lack of programs implemented. Evaluating seen from the number of students and the level of achievements, as a measure of the succes of the management tutoring agencies Primagama Krian district of Sidoarjo.

 

                Key words: Management Functions, Tutoring Agencies 

Published
2014-05-09
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 556