DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM KEAKSARAAN EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR DI BP-PAUDNI REGIONAL II SURABAYA

  • MURDIYANTI RIFYANI

Abstract

Program Keaksaraan Ekonomi di BP-PAUDNI Regional II Surabaya merupakan salah satu wujud dari pendidikan luar sekolah. Dalam pelaksanaan program keaksaraan ekonomi ini, warga belajar dibekali pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup melalui usaha kelompok. Usaha tersebut sekaligus menjadi media pelestarian kemampuan dasar yang berdampak pada kemandirian warga belajar nantinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, hasil, faktor pendukung, faktor penghambat serta dampak pelaksanaan program keaksaraan ekonomi terhadap kemandirian warga belajar di BP-PAUDNI regional II surabaya.

Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini antara lain penyelenggara, tutor dan warga belajar keaksaraan ekonomi di BP-PAUDNI reigional II surabaya. Dalam pengumpulan data, menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dan dideskripsikan serta diuji dengan empat standar utama untuk menjamin kepercayaan dan kebenaran hasil penelitian yakni kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pendapatan, perubahan sikap wearga belajar yang mampu mengambil keputusan dan resiko sendiri saat membuka usaha kedai makan, perubahan pengetahuan warga belajar sehingga mereka percaya dengan kemampuan mereka sendiri dalam menjalankan usaha kedai makan, dan peningkatan keterampilan yang membuat warga belajar mampu mandiri. Dengan begitu dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan lain yang mampu meningkatkan kualitas usaha kedai makan

 

Kata Kunci : Program keaksaraan ekonomi, kemandirian warga belajar.

Abstract

Economic literacy program in BP-PAUDNI regional II surabaya is one of the existence of out of school education. In this economic literacy program implementation, the learners equipped with the knowledge, attitudes, and skills which is necessary in order to improve the quality of life through group effort. These effort are also can be media presevation of basic skills that gives impac on independence of learns. This study was conducted to determine the planning, implementation, results, supporting factors, inhibiting factors and the impact of the implementation of economic literacy learners to independence in BP-PAUDNI regional II Surabaya. The purpose of this study is to describe the statement of the problems.

In this study, used the qualitative methode. Subjects in this study were organizers, tutors and learners economic literacy in BP- PAUDNI regional II  Surabaya. In collecting the data, conducted the in depth interviews, participant observation and documentation. Than the data are analyzed, described and tested with the four main standards to ensure credibility and validity of research results are credibility, dependability, confirmability and transferability.

The study findings suggested that there is an increase in income, changes in attitude of learners is able to take decisions and risk by themselves when opening a business diner, changing knowledge of learners so that they believe themselves to run the diner business, and developing skills that make learners capable of self. With the much-needed knowledge and other skills that can improve the quality of the diner business.

 

Keywords : Economic Literacy Program, Independence of learners.

Published
2014-05-09
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 80