PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DANCE COVER K-POP DENGAN METODE TUTOR SEBAYA DI SMA NEGERI 1 BOJONEGORO

  • FRISILIA YUDHA TANTYA WIDAKDO
  • RETNAYU PRASETYANTI SEKTI

Abstract

SMA Negeri 1 Bojonegoro memberikan wadah kepada peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakatnya melalui kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya adalah ekstrakurikuler Modern Dance. Pembelajaran ekstrakurikuler Modern Dance ini berfokus pada materi Dance Cover K-Pop dengan menggunakan metode tutor sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menjelaskan motivasi siswa mengikuti pembelajaran ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop di SMA Negeri 1 Bojonegoro, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop di SMA Negeri 1 Bojongoro, 3) Mendeskripsikan hasil belajar pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop di SMA Negeri 1 Bojonegoro.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar sangat berperan penting dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop. Peserta didik lebih tertarik mengikutsertakan diri dalam kegiatan kompetisi. 2) Pelaksanaan metode tutor sebaya ini dilakukan oleh siswa-siswi aktif di sekolah tersebut dan dipimpin oleh peserta didik yang berperan sebagai tutor. Pada metode tutor sebaya ini, tutor memberikan beberapa gerakan kepada peserta didik dan dipraktikan secara step by step, sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh tutor. 3) Pelaksanaan ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop memiliki beberapa kategori di dalam pelaksanaannya, antara lain adalah kegiatan rutinitas (kegiatan yang dilakukan secara resmi dengan melakukan beberapa langkah-langkah kegiatan seperti kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup), selanjutnya ada kegiatan menjelang perlombaan atau kompetisi, terakhir ada kegiatan sebagai hiburan yang lebih memfokuskan kepada materi langsung. Sehingga, ketiga kategori dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop dilaksanakan pada jadwal ekstrakurikuler modern berlangsung.

Kata Kunci: Pembelajaran Ekstrakurikuler, Dance Cover K-Pop, Metode Tutor Sebaya.
Published
2020-06-22
How to Cite
YUDHA TANTYA WIDAKDO, F., & PRASETYANTI SEKTI, R. (2020). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DANCE COVER K-POP DENGAN METODE TUTOR SEBAYA DI SMA NEGERI 1 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 8(1). https://doi.org/10.26740/jps.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 965