PENGARUH OLAH TUBUH TERHADAP KETERAMPILAN TARI DI SANGGAR MADHU RO’OM KABUPATEN PAMEKASAN

  • LIVANIA EKA RIYANTI
  • RETNAYU PRASETYANTI SEKTI
Keywords: Pengaruh, Olah Tubuh, Keterampilan Tari, Madhu Ro’om.

Abstract

Sanggar Madhu Ro’om merupakan salah satu sanggar seni yang aktif mengelola kegiatan seni pertunjukan (drama, tari, dan musik) di Kota Pamekasan. Dalam setiap kegiatan pembelajaran tari selalu diawali dengan materi olah tubuh. Sanggar Madhu Ro’om menerapkan latihan olah tubuh di tiga tempat yang berbeda, diantaranya yaitu kolam renang, pantai dan ruang sanggar. Latihan olah tubuh yang diterapkan berfokus pada dampak gerak-gerak dasar yang dilatih pada setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan tentang pengaruh latihan olah tubuh yang diterapkan, maka dalam penelitian ini diajukan rumusan, yaitu: (1) bagaimana proses pelaksanaan kegiatan olah tubuh di Sanggar Madhu Ro’om? Dan (2) bagaimana pengaruh olah tubuh terhadap keterampilan gerak tari bagi para penari di Sanggar Madhu Ro’om? Teori yang digunakan untuk membahas permasalahan dalam penelitian ini menggunakan teori olah tubuh, yang mengambil konsep milik Sumedi Santosa dan Nunik Widiasih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi deskriptif. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu, sedangkan analisis data melalui tahapan menggunakan meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1)pelaksanaan kegiatan olah tubuh di Sanggar Madhu Ro’om merupakan materi wajib yang harus dilakukan oleh setiap penari sebelum melaksanakan latihan tari bentuk (tari yang sudah dikemas dalam bentuk utuh). Pada kesempatan tertentu latihan olah tubuh dilaksanakan di tempat yang berbeda yakni di kolam renang dan pantai. Tempat-tempat latihan tersebut berpengaruh terhadap karakteristik bentuk, isi, dan teknik (2) Kegiatan olah tubuh sangat berpengaruh dalam keterampilan gerak tari yaitu meliputi kepekaan tubuh, kekuatan, kelenturan, daya tahan tubuh (stamina meliputi pernafasan dan keseimbangan). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari proses latihan olah tubuh berdampak positif bagi kemampuan keterampilan tari siswa, yakni dalam penguasaan materi menjadi lebih mudah diserap dan ketepatan irama dalam setiap gerak yang dilakukan oleh penari. Hal ini juga berpengaruh pada prestasi yang dicapai oleh siswa di Sanggar Madhu Ro’om. Materi gerakan olah tubuh yang diberikan oleh pelatih sangat berdampak pada fisik dan jiwa penari Sanggar Madhu Ro’om dalam membentuk tubuh yang memperlihatkan kualitas gerak tari yang indah.

Published
2020-07-10
How to Cite
EKA RIYANTI, L., & PRASETYANTI SEKTI, R. (2020). PENGARUH OLAH TUBUH TERHADAP KETERAMPILAN TARI DI SANGGAR MADHU RO’OM KABUPATEN PAMEKASAN. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 8(1). https://doi.org/10.26740/jps.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 0