EFEKTIVITAS MODEL PEMELAJARAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 13 SURABAYA

Efektivitas Pembelajaran STAD Terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Kolaborasi

  • Dimas Wahyu Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Dewanto . Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstract

In teaching and learning activities, teachers at SMK Negeri 13 Surabaya usually usethe lecture method to students, students tend to be less enthusiastic in learning because the methods used are monotonous.This research uses an experimental method with the research design used is one group pretest postest design. The population in this study is X TPM 2 with a total of 71 students consisting of 36 experimental class students . X TPM 2 at SMK Negeri 13 Surabaya. The results showed that the average n-gain value  of the experiment was 0.3277. The conclusion of this study is that the STAD-type Learing Cooperative Learning Model is effective in improving student learning pretation and collaboration skills.

Keywords: Effectiveness, STAD, Learning Achievement and Collaboration Skills

References

1. Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
2. A.Fatah, Yasin. 2008. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: Malang Press.
3. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
4. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta : Rineka Cipta,2013
5. Dany Warih Cahyono, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar IPS tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia.Surakarta: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, 2013
6. Djaali dan Muljono, Pudji. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo
7. Etistika Yuni Wijaya. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global
8. Rifa’i Abubakar, M.A. 2020. PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
9. Fatoni,Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Problem Based Learning terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar Vol. 2 No 1, 2016
10. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.
11. Kusnandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press.
12. Kusumah, Wijaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
13. Miftahul Aini, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V SDN 1 Gunung Terang Kecamatan Tanjung Karang Barat. Bandar Lampung: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung,2016.
14. Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta:Pustaka Belajar.
15. Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
16. Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Aflabeta.
17. Slavin,E,R. Cooperative Learning – Teori, Riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media,2005.
18. Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses/Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
19. Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
20. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
21. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
22. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
23. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Metohds). Bandung: Alfabeta. Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
24. Susanto,Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2013
25. Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta : Kencana, 2009.
Published
2022-07-14
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 66