EFEKTIVITAS MODEL PEMELAJARAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 13 SURABAYA

Efektivitas Pembelajaran STAD Terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Kolaborasi

Penulis

  • Dimas Wahyu Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Dewanto . Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Efektivitas, STAD, Prestasi Belajar, Keterampilan Kolaborasi

Abstrak

Abstrak

Dalam aktivitas belajar mengajar, pengajar di SMKN 13 Surabaya biasa menggunakan metode ceramah kepada murid, murid cenderung kurang semangat dalam pembelajaran karena pemakaian metode bersifat monoton. Riset ini menggunakan metode eksperimen dengan corak riset yang dipakai ialah one group pretest postest design. Populasi di riset ini ialah kelas X TPM 2 dengan jumlah 36 siswa kelas eksperimen. X TPM 2 di SMKN 13 Surabaya. Hasil riset memperlihatkan jika rata-rata nilai n-gain  sejumlah 0,3277. Kesimpulan riset ini ialah Model Pembelajaran Kooperatif Learing tipe STAD efektif saat memacu pretasi belajar serta keterampilan kolaborasi murid.

Kata Kunci: Efektivitas,STAD, Prestasi Belajar dan Keterampilan Kolaborasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 109 , PDF Downloads: 83