EFEKTIVITAS MODEL PEMELAJARAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 13 SURABAYA
Efektivitas Pembelajaran STAD Terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Kolaborasi
Kata Kunci:
Efektivitas, STAD, Prestasi Belajar, Keterampilan KolaborasiAbstrak
Abstrak
Dalam aktivitas belajar mengajar, pengajar di SMKN 13 Surabaya biasa menggunakan metode ceramah kepada murid, murid cenderung kurang semangat dalam pembelajaran karena pemakaian metode bersifat monoton. Riset ini menggunakan metode eksperimen dengan corak riset yang dipakai ialah one group pretest postest design. Populasi di riset ini ialah kelas X TPM 2 dengan jumlah 36 siswa kelas eksperimen. X TPM 2 di SMKN 13 Surabaya. Hasil riset memperlihatkan jika rata-rata nilai n-gain sejumlah 0,3277. Kesimpulan riset ini ialah Model Pembelajaran Kooperatif Learing tipe STAD efektif saat memacu pretasi belajar serta keterampilan kolaborasi murid.
Kata Kunci: Efektivitas,STAD, Prestasi Belajar dan Keterampilan Kolaborasi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

