PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 1 BENDO

Penulis

  • viby yuan kurnia Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Dicovery Learning, PTK, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstrak

Abstrak
Pengadaan studi ini guna melihat peningkatan aktivitas dan output belajar siswa lewat pengaplikasian
Discovery Learning pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Bendo.
Riset ini termasuk pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek studi ini 35 siswa kelas
XI TKR. Penghimpunan data dengan teknik observasi yang dilakukan guru guna mengamati perilaku siswa
sewaktu proses pembelajaran, tes output belajar berfungsi guna mengukut peningkatan hasil belajar peserta
didik, dan dokumentasi sebagai pendukung dan penguat data hasil observasi. Hasil yang ditemukan dalam
studi ini yaitu pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa mencapai 47% dan peningkatan menjadi 82%
di siklus II. Ini berarti aktivitas siswa terdapat peningkatan di siklus II. Sementara itu, pada output belajar
pada siklus I rerata nilai kelas mencapai 69,8 dan persentase ketuntasan di angka 50%. Di siklus II rerata
nilai kelas mencapai 75,5 dan persentase ketuntasan mencapai 83%. Ini berarti terdapat kenaikan
persentase output belajar dan ketuntasan pada siswa dari siklus sebelumnya.
Kata Kunci: Dicovery Learning, PTK, Aktivitas, Hasil Belajar.
 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-04

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 40 , PDF Downloads: 71