PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X TPM SMKN 1 DRIYOREJO

Penulis

  • M. Khoirul Rosyidin Universitas Negeri Surabaya
  • Djoko Suwito Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

media pembelajaran, modul, tingkat validitas

Abstrak

Abstrak

Media pembelajaran adalah indikator sebagai pendukung proses peningkatan kualitas Pendidikan, khususnya pada pendidikan SMK yang terfokus pada kompetensi keterampilan siswa. Akan tetapi, adanya faktor penghambat dalam proses peningkatan kompetensi siswa yaitu salah satunya kurangnya media pembelajaran yang memadai. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran modul menjadi salah satu jawaban atas permasalahan tersebut. Media pembelajaran modul memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa sehingga kompetensi siswa dapat tercapai. Dalam pengembangan media pembelajaran modul, tingkat validitas merupakan faktor penting untuk melihat kelayakan produk media berupa modul. Untuk mengembangkan media pembelajaran modul, model pengembangan 4D menjadi perantara yang meliputi pendefinisian hingga penyebarluasan. Adapun aspek yang dinilai dalam mengembangkan media modul yaitu aspek materi, media, dan bahasa. Masing-masing aspek tersebut secara berurutan mendapatkan skor validitas sebesar 0.86, 0.91, dan 0.89. Skor validitas pada tiap aspek tergolong pada validitas tinggi, yang berarti media pembelajaran modul valid.

Kata Kunci: media pembelajaran, modul, tingkat validitas

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-15

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 269 , PDF Downloads: 299