PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN PERAWATAN BERKALA KENDARAAN RINGAN SISWA TKR SMKN 1 JABON
Kata Kunci:
berbasis masalah, hasil belajar, aktivitas belajarAbstrak
Abstrak
Analisa permasalahan yang mana diangkat di studi ini yaitu pada hasil belajar dan partisipasinya siswa yang masih minim terhadap jalannya pembelajaran di dalam kelas. Hal ini disebabkan jalannya KBM yang sederhana dan satu arah. Maka dari itu studi ini ingin menganalisa adanya peran atau dampak dari model pembelajaran dengan basisnya adalah problem untuk hasil/prestasi belajar untuk siswa kelas XI TKR SMKN 1 Jabon dan mengetahui aktivitas belajar siswa ketika KBM berlangsung. Sejalan dengan tujuan, diterapkan metode pendekatan yang kuantitatif mengandalkan desain pretest-posttest pada satu kelompok subjek. Pada penelitian ini, tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest kemudian posttest dengan model soal pilihan ganda sederhana dengan total butir soalnya 25. Data dari hasil studi dianalisis dengan melakukan uji normalitas dilanjut paired sample t test. Studi mendapati bahwa dari diberikannya model pembelajaran yang basis masalah pada elemen perawatan berkala kendaraan ringan berpengaruh signifikan terhadap siswa kelas XI TKR SMKN 1 Jabon terhadap hasil belajarnya dimana ditunjukkan pada value paired sample-t test muncul sig. 0,000, untuk t-hitungnya sendiri adalah 52,776 > t tabel 1,667. Aktivitas belajar siswa juga menunjukkan aktivitas yang positif dan aktif ketika KBM berlangsung.
Kata Kunci: berbasis masalah, hasil belajar, aktivitas belajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
