PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BOOK CREATOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMKN 1 JABON
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptm.v13n02.p178-183Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Book Creator, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstrak
Proses pembelajaran memerlukan sarana pendukung berupa media dan model pembelajaran yang menarik untuk mendukung keberhasilan belajar yaitu hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh media pembelajaran Book Creator terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain One Grup Pretest Posttest. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI TKR 1 dan 2 sejumlah 60 siswa. Analisis data berupa analisis butir soal, uji persyaratan analisis, Uji T-Test menggunakan Paired Sample T Test, serta Uji N-Gain. Uji T-Test dengan model Paired Sample T-Test mendapatkan hasil Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Book Creator berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif dikarenakan memiliki sampul yang menarik, penyajian materi dengan gambar yang jelas serta video pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga siswa XI TKR SMKN 1 Jabon dapat lebih memahami materi sistem Air Conditioning dan berdampak pada hasil belajar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Book Creator, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
