PENGEMBANGAN BUTIR SOAL MATA KULIAH PENGUKURAN DENGAN PENDEKATAN MODEL RASCH
Kata Kunci:
alat ukur, evaluasi, pengembangan butir soal, rasch modelAbstrak
Pendidikan tinggi saat ini menuntut mahasiswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks di masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan soal ujian yang tidak hanya menguji pemahaman konsep, tetapi juga kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan mereka pada situasi nyata. Dalam mata kuliah Alat Ukur, misalnya, mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami teori dasar, tetapi juga menguasai teknik-teknik praktis dalam pengukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir soal yang dapat mengukur kedua aspek tersebut dengan tepat, khususnya dalam konteks mata kuliah Alat Ukur di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin UNESA. Pengembangan butir soal dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Soal yang dikembangkan berupa soal pilihan ganda dan isian singkat yang menguji pemahaman mahasiswa tentang pengukuran dasar menggunakan jangka sorong dan micrometer yang sebanyak 20 butir. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 50 mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Teknik Mesin yang me program mata kuliah alat ukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas melalui validasi oleh expert judgement dan hasil uji terbatas, reliabilitas, serta mampu mengukur kompetensi mahasiswa sesuai dengan tuntutan kurikulum.
Unduhan
Referensi
Ajiban, M. H. (2024). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Di Kelas Merdeka Belajar Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Jabon. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 1141–1155. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7539%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/7539/5393
Ajiban, M. H., & Hidayatullah, R. S. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning pada Kelas Diferensiasi Merdeka Belajar di SMKN 1 Jabon. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 03(01), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/58090
Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Appriaches. In Muqarnas (Third Edit, Vol. 8). SAGE Publications. https://doi.org/10.1163/22118993-90000268
Engelhard, G. (2013). Invariant Measurement Using Rasch Models in the Social, Behavioral, and Health Sciences. Routledge.
Fraenkel, Jack R., Wallen, N. E. (2022). How to Design and Evaluate Research in Education Eleventh Edition. In McGraw-Hill Higher Education (Issue 0).
Miharja, F. J., Hindun, I., & Fauzi, A. (2019). Critical thinking, metacognitive skills, and cognitive learning outcomes: a correlation study in genetic studies. Biosfer, 12(2), 135–143. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n2.135-143
Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324
Novinda, M. R. R., Silitonga, H. T. M., & Hamdani. (2019). Pengembangan tes pilihan ganda menggunakan model Rasch materi gerak lurus kelas X Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(6), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v8i6.33452
Novriandami, A., Jannah, M., Arrahma, A., Randa, G., & Nasir*, M. (2023). Development of Microsoft Power Point Interactive Media Based on Visual Basic for Application as Middle School Science Learning Media. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(3), 528–544. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i3.29927
Nur, A. (2022). Kapitalisme Pendidikan dan Reinventing Paradigma Pendidikan Indonesia. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 69–84. https://doi.org/10.55623/au.v3i1.94
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2004 (2014).
Pradana, F. A. P., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Fondatia, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1090
Saely, E., & Shaleh. (2023). Analisi Butir Soal Penilian Akhir Semester (Pas) Pada Mata Pelajaran PPKN Menggunakan Aplikasi Winstep Dan Item And Tes Analysis (Iteman) 4.3. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 415–430. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10613
Simatupang, A. R., & Maysarah, S. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif …. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 9–21. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.539
Suyana, N., Pendidikan, P. K., Global, T., & Pendidikan, S. (2024). Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global Sebuah Analisis Strategis dan Prioritas. Journal of Education Research, 5(1), 620–634. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/888
Syadiah, A. N., & Hamdu, G. (2020). Analisis rasch untuk soal tes berpikir kritis pada pembelajaran STEM di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 138. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6524
Umaroh, S. T., Soeryanto, S., Warju, W., & Marniati, M. (2022). Analysis of middle semester exam subjects for Automotive Vehicle Chassis (AVC) to improve the implementation management of learning evaluation. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 64–75. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.45472
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, 1 (2003).
Wibowo, F. S., Patonah, S., & Sukamto, S. (2023). Pengembangan Instrumen Soal IPA Berbasis STEM untuk Siswa Kelas IV Materi Kemagnetan dan Gaya Pada Fase B di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1609–1619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.4975
Zibar Parisu, C. L., Ekadayanti, W., Sisi, L., Juwairiyah, A., & Kasmawati. (2024). Analisis Butir Soal Pengetahuan Dasar Matematika Menggunakan Pendekatan Rasch. SCIENCE TECH : Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 10(1), 36–45. https://doi.org/10.30738/st.vol10.no1.a17112
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 85
,
PDF Downloads: 149