PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL MA’ARIF 1 TAMAN

Penulis

  • Herdiansyah Wahyu Nugroho
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

media pembelajaran, powerpoint interaktif, hasil belajar

Abstrak

Pembelajaran adalah proses terjadinya interaksi antara pendidik dan peserta didik serta sumber belajar dan media yang digunakan, dalam upaya terjadinya perubahan pada aspek kognitif, afektif dan motorik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) pengaruh media pembelajaran Power Point Interaktif terhadap hasil belajar siswa dan (2) respon siswa terhadap media pembelajaran Power Point Interaktif yang digunakan di kelas XI TPM SMK YPM 1 TAMAN. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah kelas XI TPM 6 SMK YPM 1 TAMAN yang berjumlah 35 siswa dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji wilcoxon signed ranks test dan uji normalized gain. Berdasarkan hasil penelitian yang diolah dengan software SPSS V30, hasil uji statistik wilcoxon mendapatkan nilai asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,001. Hasil tersebut < 0,05 sehingga terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Power Point Interaktif terhadap hasil belajar siswa. Uji N-Gain score sebesar 0,76, termasuk dalam kategori tinggi, dengan persentase efektivitas sebesar 76,49%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Power Point Interaktif terhadap hasil belajar siswa dan siswa merasa pembelajaran menjadi lebih menarik, mudah dipahami, dan memotivasi mereka untuk belajar lebih baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Anam, Mochammad Saiful, and Theodorus Wiyanto Wibowo. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Dasar Teknik Mesin Terhadap Hasil Belajar Dan Respon Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 1 Blitar.” Jptm 7(1): 117–23.

2. Anita, Anita, Sulis Tyowati, and Zuldafrial Zuldafrial. 2018. “Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 16(1): 35. doi:10.31571/edukasi.v16i1.780.

3. Anjarsari, Putri. 2021. “STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TINGKAT SMP.” 1(2): 13–26.

4. Antonio, Edo. 2021. 3 “PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V SD NEGERI 21 BENGKULU TENGAH.”

5. Arif, Muchamad. 2015. “Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda.” Edutic - Scientific Journal of Informatics Education 1(1): 1–9. doi:10.21107/edutic.v1i1.398.

6. Ashari, Diar Mulya. 2019. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK KONSTRUKSI FABRIKASI LOGAM KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN.”

7. Asiva Noor Rachmayani. 2015. “MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN.” : 6.

8. Astri Azani, Sarmila Sarmila, and Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” Mutiara : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah 2(3): 17–37. doi:10.59059/mutiara.v2i3.1183.

9. Brotman, Daniel J. 2005. “In Search of Fewer Independent Risk Factors.” Archives of Internal Medicine 165(2): 138. doi:10.1001/archinte.165.2.138.

10. Cahyaningtias, Veranda Putri, and Mochamad Ridwan. 2021. “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi.” Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga 4(2): 55. doi:10.31602/rjpo.v4i2.5727.

11. Crowther, C. H. 1999. 162 New Scientist BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.

12. Dzhafarov, Ehtibar N. 2022. “Context-Independent Mapping and Free Choice Are Equivalent: A General Proof.” Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 55(30): 1–8. doi:10.1088/1751-8121/ac7d20.

13. Elpira, Nira, and Anik Ghufron. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 2(1): 94–104. doi:10.21831/tp.v2i1.5207.

14. Febrian Syah, Muhammad Nur, Rachmad Syarifudin Hidayatullah, Wahyu Dwi Kurniawan, and Nur Aini Susanti. 2023. “Pengaruh Media PowerPoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Generasi Z Siswa Kejuruan.” Jmel 9(1): 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmel/article/view/40441.

15. Fitri Rahmawati, B., Badarudin, and Muhammad Shulhan Hadi. 2020. “Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring.” Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan 4(2): 60–67. doi:10.29408/fhs.v4i2.3135.

16. Fitria, Ayu. 2014. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran.” Cakrawala Dini 5(2): 61. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.

17. Fitroh, Ummi Nuzulul, Ellianawati Ellianawati, and Susilo Susilo. 2021. “Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif.” Unnes Physics Education Journal 10(2).

18. Haq, Hafizil, Purwantono Purwantono, Irzal Irzal, and Bulkia Rahim. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dengan Video Dan Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fabrikasi.” Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek) 4(1): 89–93. doi:10.24036/vomek.v4i1.310.

19. Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, HarahapTuti Khairani, and Tasdin Tahrim. 2021. Tahta Media Group Media Pembelajaran.

20. Hastjarjo, T Dicky. 2019. “Rancangan Eksperimen-Kuasi.” Buletin Psikologi 27(2): 187. doi:10.22146/buletinpsikologi.38619.

21. Hikmatunnisa, Ivany. 2022. “PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT SEBAGAI PENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN.”

22. Ii, B A B. 2015. “Sedangkan Menurut Association of Education and Communication Technology.” Media Pembelajaran 4(1): 12–32.

23. Indriyanti, Novi Yulia. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ppt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Studi Kasus : Siswa Kelas Vb Sdn Karangayu 02 Kota Semarang.”

24. Iskandar, Sofyan, Primanita Sholihah Rosmana, Alsya Rahma Fadillah, Farihah Ayuni, Firra Dwi Nur’Ani, Muslimah Apriliya, and Rerey Realistiya. 2023. “EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR.” Jurnal Guru Kita PGSD 7(3): 557. doi:10.24114/jgk.v7i3.41630.

25. Kodir, Novita Wulan Sari, Margiyati, and Nur Sholiha Rositayani. 2021. “Pengaruh Media Poster Dan Power Point Terhadap Pengtahuan Lansia Terkait Covid-19 Di Kota Semarang.” Jurnal Fisioterapi dan Ilmu Kesehatan Sisthana 3(2): 25–33.

26. Kristanto, Andi. 2016. Bintang Sutabaya Media Pembelajaran.

27. Kristiyani, Wiwin, and M. Tohirin. 2015. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Belajar Cooperative Learning Tipe Jigsaw Di MI Terpadu Al Muttaqin.” Tarbiyatuna 6(2): 105–20.

28. Kurniawan, Tutut. 2015. “Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar (Analysis of Odd Semester Final Test Items in Elementary School of Social Studies Subjects).” Journal of Elementary Education 4(1): 2. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7488.

29. Kusuma, Nur Risnawati, muh. Khalifah Mustami, and Oslan Jumadi. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99. http://eprints.unm.ac.id/9707/.

30. Maenah, Maenah, Taufiqulloh Taufiqulloh, and Hanung Sudibyo. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” Journal of Education Research 5(3): 3272–82. doi:10.37985/jer.v5i3.1452.

31. Maisaroh, Febi Indah. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Materi Organ Gerak Manusia Di SDN Utama 2 Tarakan.”

32. Muhammad Rahmattullah. 2019. “Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 8–24.

33. Mulia, F. 2022. “Penggunaan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 27 Aceh Besar.” https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23337/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23337/1/Fitri Mulia%2C 180209035%2C FTK.pdf.

34. Mustaqim, Ilmawan, and Eko Prianto. 2015. “Modul Pelatihan Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint.” Fakultas Teknologi Universitas Negeri Yogyakarta (April): 1–45.

35. Naisya Ramadhani, Wafna Jannata Ulya, Septina Berlian Nustradamus, Fina Fakhriyah, and Erik Aditia Ismaya. 2023. “PERAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN KONVENSIONAL PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.” Student Scientific Creativity Journal 1(5): 99–114. doi:10.55606/sscj-amik.v1i5.1941.

36. Nurazila Nurazila, Liza Efriyanti, and Diki Putra Indri. 2022. “Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tik Di SMA N 1 Kapur IX.” Jurnal ilmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer 2(3): 89–95. doi:10.55606/juisik.v2i3.352.

37. Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1): 128. doi:10.17509/jpm.v1i1.3264.

38. Nurhayati, Ni U. 2021. Membangun Generasi Menuju Insan Berprestasi. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/105022/KAMPUS MERDEKA %281%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

39. Nurkholis. 2013. “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto.” 1(1): 24–44.

40. Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1): 171. doi:10.33511/misykat.v3n1.171.

41. Octaviani, Sri Widya. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Scientific Approach Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Educational Technology Journal 1(2): 66–77. doi:10.26740/etj.v1n2.p66-77.

42. Pan, Haihua, and Yan Jiang. 2015. “The Bound Variable Hierarchy and Donkey Anaphora in Mandarin Chinese.” International Journal of Chinese Linguistics 2(2): 159–92. doi:10.1075/ijchl.2.2.01pan.

43. Pemerintah Indonesia. 2010. “Peraturan Pemerintah NOMOR 66 TAHUN 2010.Pdf.”

44. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar.” 2023. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 4(3). doi:10.30596/jppp.v4i3.16453.

45. Pil Afia, Nowa, and Esty Pan Pangestie. 2024. “Konseling Kelompok Pendekatan Behavior Dengan Teknik Reframing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop 4(2): 60–66. doi:10.37304/pandohop.v4i2.15154.

46. Putri, Hanny Pramitha, and Nurafni Nurafni. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6): 3538–43. doi:10.31004/edukatif.v3i6.986.

47. Rabern, Brian. 2021. “Binding Bound Variables in Epistemic Contexts.” Inquiry (United Kingdom) 64(5–6): 533–63. doi:10.1080/0020174X.2018.1470568.

48. Rahayu, Tesa Esti, Oyon Haki Pranata, and Nana Ganda. 2021. “Respon Siswa Sekolah Dasar Terhadap Program Belajar Dari Rumah (BDR) Di TVRI.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(2): 333–43. doi:10.17509/pedadidaktika.v8i2.35341.

49. Sartika, Septi Budi. 2022. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. doi:10.21070/2022/978-623-464-043-4.

50. Shofia, Maghfiroh, and Suryana Dadan. 2021. “Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 05(01): 1560–61.

51. Sugiantara, I Putu, Ni Made Listarni, and Krisnanda Pratama. 2024. “Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Literasi Digital 4(1): 73–80. doi:10.54065/jld.4.1.2024.448.

52. Sukmawati, Ika Dewi. 2022. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF SUBTEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SDN 151 PEKANBARU.”

53. Suratman, Dede. 2018. “PEMANFAATAN MS POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(1): 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

54. Syah, Muhamad Nur Febrian, Rachmad Syarifudin Hidayatullah, Wahyu Dwi Kurniawan, and Nur Aini Susanti. 2020. “PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR GENERASI Z SISWA KEJURUAN.” Jmel 9(1): 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmel/article/view/40441.

55. Syavira, Nadia. 2021. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SD.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 5(1): 84–93. doi:10.37478/optika.v5i1.1039.

56. Titin, Titin, and Iin Kurnia. 2022. “Studi Literatur: Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Biologi Di SMA.” EduBiologia: Biological Science and Education Journal 2(1): 1. doi:10.30998/edubiologia.v2i1.10451.

57. Wahab, Gusnarib, and Rosnawati. 2021. 3 Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf.

58. WARISI, KHOIRUL, EUSABINUS BUNAU, and EKA FAJAR RAHMANI. 2023. “A QUASI-EXPERIMENTAL STUDY ON THE USE OF THE BERLITZ METHOD TOWARDS THE STUDENTS’ PREPOSITION MASTERY.” LINGUISTICA 12(3): 122. doi:10.24114/jalu.v12i3.49500.

59. Wicaksono, D, and I Iswan. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah ….” Jurnal Holistika (September 2018): 111–26. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5362%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/5362/3584.

60. Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2): 3928–36. doi:10.31004/joe.v5i2.1074.

61. Wulandari, Eka. 2022. “Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1(2): 26–32. doi:10.55784/jupeis.vol1.iss2.34.

62. Ziveria, Mira, and Nuraini Purwandari. 2020. “Pengembangan Presentasi Interaktif Dan Menarik Menggunakan Microsoft Power Point 2007 Bagi Guru SDIT Al-Kautsar.” ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 56–64. doi:10.53008/abdimas.v1i2.83.

Diterbitkan

2025-02-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 205 , PDF Downloads: 386