PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOIF SISWA SMK NEGERI 3 SURABAYA

Penulis

  • ACHMAD SYAIFUDIN ARDIANTO 085859466485
  • IKA NURJANNAH

Kata Kunci:

Pembelajaran Kooperatif, Teknik Dasar Otomotif, Examples Non Examples.

Abstrak

Peran pendidikan dalam suatu negara sangatlah penting. Kualitas sumber daya manusia suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikan yang diberikan kepada warganya. Sebagai salah satu sekolah tingkat menengah di Indonesia, pengukuran kualitas Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK berupa dengan mempersiapkan siswa untuk segera memasuki dunia kerja atau dunia kewirausahaan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK N 3 Surabaya, ditemukan kesulitan dalam pembelajaran Teknik Dasar Otomotif (TDO).

Siswa cenderung tidak berpartisipasi karena metodenya tidak menarik dan bergantung pada media papan tulis. Menerapkan berbagai model pembelajaran kooperatif, seperti model Example Non Example, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode example non example learning pada proses belajar mengajar dengan tujuan untuk mengetahui respon siswa kelas X Teknik Mesin SMK N 3 Surabaya yang mengikuti mata kuliah Teknik Otomotif Dasar (TDO) dengan metode ini. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa TKR tahun keempat Program Studi Teknik Otomotif Dasar dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dievaluasi dengan statistik deskriptif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dari penelitian terdahulu

Diterbitkan

2025-02-26

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 43 , PDF Downloads: 24