Pengembangan Media Pembelajaran Modul Penggantian Oli Mesin dan Filter Oli Pada Mobil Honda Untuk Persiapan PKL Siswa SMKN 3 Surabaya
Kata Kunci:
Pengembangan Modul, Respon Siswa, Hasil BelajarAbstrak
Media pembelajaran modul yang digunakan di SMKN 3 Surabaya masih menggunakan media modul yang tidak spesifik atau belum mempelajari tentang mobil Honda, sehingga dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, selain itu metode pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional atau ceramah dalam penerapannya metode tersebut dianggap kurang mampu untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini : untuk mengembangkan modul, mengetahui respon siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Surabaya. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan menggunakan one group pretest – posttest design yang berjumlah 28 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur nilai kevalidan dan kepraktisan modul adalah menggunakan angket pada dosen dan guru ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, dan siswa pengguna modul dengan serta dilakukan uji n-gain untuk mengetahui hasil belajar antara nilai rata-rata pre-test dan post- test. Hasil penelitian yaitu kelayakan modul dari ahli desain, materi , dan materi mendapatkan skor sebesar 3,71 dan presentase 93,30%, sehingga dapat dikatakan modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Respon siswa diperoleh skor sebesar 3,69, sehingga dapat dikatakan siswa merespon positif terhadap penggunaan media pembelajaran modul. Hasil belajar siswa setelah menggunakan modul media pembelajaran modul mengalami peningkatan tinggi setelah diuji menggunakan N-Gain Score sebesar 0,7112. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar siswa masuk pada kategori tinggi.
Unduhan
Referensi
1. Bakar, R. (2018). “The Influence Of Professional Teachers On Padang Vocational School Students'Achievement”. Kasetsart Journal of Social Sciences 39 (1): pp 67-72
2. Basri, H. (2015). “Paradigma Baru Sistem Pembelajaran”. Bandung: Pustaka Setia.
3. Ekayani, P. (2017). “Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa”. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol 2 (1): pp. 1-11.
4. Halean, S., Kandowangko, N., Goni, S. Y. V. I. (2021) “Peranan Pendidikan Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di SMA Negeri 1 Tampan Amma di Talaud”. Jurnal Holistik. Vol. 14 (2): pp 2-15. Manado: Unsrat.
5. Hamalik, O. (1989). “Media pembelajaran”. Bandung: Citra Aditya Bakti
6. Hartanto, A. T., Artha, E. A. J., Gunawan, K.,Yuliawan, K. D., & Sutrisna, K., (2023). “Pengembangan Modul Praktikum Pada Trainer AC Split Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Undiksha”. Vol. 11 (1): pp 124-133. Singaraja. Undhiksha
7. Huda, K., Hambali. (2021). “Pengembangan Modul Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan”. JPTE, 2 (2): 2021. pp.93-96. Padang: Universitas Negeri Padang.
8. Junaedi, I. (2019). “Proses Pembelajaran Yang Efektif”. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. Vol. 3 (2): pp 19 - 25. Jayakarta: Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Jayakarta.
9. Khairani, M. & Febrinal, D., (2016). “Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas IX”. Jurnal Ipteks Terapan. Vol 10 (2).
10. Mahadiraja, D., Syamsuarnis. (2020). “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 Di SMK Negeri 1 Pariaman”. JTEV, 6 (1): 2020. pp. 77-82. Padang: Universitas Negeri Padang.
11. Ningsih, R. K., Sukardi. (2021). “Pengembangan E-modul Trainer Kontrol Motor Listrik dan PLC di Sekolah Menengah Kejuruan”. JPTE, 2 (1): 2021. pp.18-21. Padang: Universitas Negeri Padang.
12. Nurhijrah, & Suryana, S. (2022). “Pengembangan Modul Pembelajaran Teknik Grading Pada Program Studi D3 Tata Busana Jurusan PKK Ft Universitas Negeri Makassar”. Jurnal Pendidikan Tata Busana. Vol 2 (2) : pp 35-40 Makassar: Universitas Negeri Makassar.
13. Sary, Y. C. C., Yulinda, R., Putri, R ,F. (2023). “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis PBL pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan”. JOTE, 4 (4): 2023. pp. 346-357. Banjarbaru: Universitas Lambung Mangkurat.
14. Setiawan, N. (2020). “Pengembangan Modul Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Untuk Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Smk N 2 Pengasih”. JPVO, 3 (1): 2020. pp. 95-108. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
15. Siagian, S. (2014). “Development of Basic Electronic Instructional Module and Trainer European”. Journal of Computer Science and Information Technology 2 (3): pp 36-47
16. Utami, Y.G.D., dan Hudaniah. (2013). “Self Efficacy Dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. JIPT. Vol. 01 (01): pp 41-52.
17. Yermon, & Eliza, F. (2020). “Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Untuk Kelas X TITL SMK Negeri 1 Padang”. JTEV 6 (2): pp. 227-231. 2020.
18. Yulanto, D. M., Iskandar, H., & Rohmantoro, D. (2023). “Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Transmisi Manual Sepeda Motor”. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia. Vol. 13 (1): pp 56-68. Bantul: Universitas PGRI Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Abstract views: 100
,
PDF Downloads: 48