PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK YASMU MANYAR GRESIK

Penulis

  • M. Rizieq Akbar Universitas Negeri Surabaya
  • Yunus Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Project-Based Learning (PJBL), PowerPoint interaktif, Teknik Pengelasan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) yang
dibantu dengan PowerPoint interaktif terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Teknik Pemesinan di SMK Yasmu Manyar
Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas
XI jurusan Teknik Pemesinan yang terdiri dari dua kelompok,
yaitu kelompok eksperimen yang diterapkan dengan model PJBL
berbantuan PowerPoint interaktif, dan kelompok kontrol yang
menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru
(Teacher centered learning). Data dikumpulkan melalui tes dan
observasi terhadap proses pembelajaran. Analisis data dilakukan
dengan uji t-test untuk melihat perbedaan nilai yang signifikan
antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model PJBL berbantuan PowerPoint interaktif
memberikan pengaruh yang signifikan dalam peningkatan
keterlibatan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Teknik
Pengelasan dibandingkan dengan metode pembelajaran yang
berpusat pada guru (Teacher centered learning).

Kata kunci : Project-Based Learning (PJBL), PowerPoint interaktif,
Teknik Pengelasan, SMK Yasmu Manyar Gresik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Anyan, S.E.S. (2022) ‘Keefektifan Video Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Smk Pada Masa Pandemi Covid-19’, 13(April), Pp. 75–88.

2. Ardin, M. Bin and Mujiono, M. (2016) ‘Model Pembelajaran Praktik Pengelasan Shieled Metal Arc Welding () Posisi 1G Jurusan Teknik Pengelasan’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), p. 198. Available at: https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.6343.

3. Badri, N. and Kusuma Riasti, B. (2012) Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada SMK Negeri Tiga Jepara Dengan Materi Power Point 2007, Journal SpeedSentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Online.

4. Cahyani, A.E.M., Mayasari, T. and Sasono, M. (2020) ‘Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), p. 15. Available at: https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1774.

5. Elisabet, Relmasira Stefanus C, H.A.T.A. (2019) ‘Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) A R T I C L E I N F O’, Journal of Education Action Research, 3, pp. 285–291. Available at: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index.

6. Gunawan, M. S., & Fitra, D. (2021). Kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal eksponen dan

logaritma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 257-268.

7. Kadek, I. dkk. (2016) ‘PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB KELAS X DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), p.

8. Khotimah, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VA SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2022/2023.198.

9. Laili, D. dkk. (2023) ‘Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Materi Bumbu Dasar’, Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), Vol.1, No., p. Hal 204-215.

10. Makrufi, A. D., & Aliza, N. F. (2018). Pemberdayaan ibuibu PKK melalui pelatihan produksi keranjang salak. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 6(1), 88-99.

11. Mirani, O. dkk. (2019) Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test.

12. Pambudi, R.G. and Yunus (2023) ‘Pengembangan Video

Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X Pelajaran DasarDasar Teknik Mesin Pada Materi Pengelasan Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 3 Surabaya’, JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 5(2), pp. 102–114.

13. Pratiwi, I.T.M. and Meilani, R.I. (2018) ‘Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), p. 33. Available at: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762.

14. Sumantri, K (2020) PENGEMBANGAN ELS-3D (EBOOK LITERASI SAINS BERBASIS 3D PAGE FLIP) PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS.

15. Wahidmurnj (2017) PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Diterbitkan

2025-09-08

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 19