BLOCKING SOUND OF ENGLISH UTTERANCES IN AN INDONESIAN ADULT STUTTER SPEAKER : A CASE STUDY

  • MEGA PRATIDINA PUTRI

Abstract

Melalui penelitian ini, gagap telah dianalisis dari segi bahasa dan telah ditemukan gaya khusus pada penderita gagap yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang penderita gagap dewasa berkebangsaan Indonesia yang telah menderita penyakit ini sejak kecil. Subjek menunjukkan dominasi hambatan daripada perpanjangan dan pengulangan. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dan wawancara beserta observasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek berbicara dalam dua bahasa, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Ungkapan-ungkapan yang diutarakan subjek dalam dua bahasa tersebut memiliki hambatan bunyi yang serupa, seperti bunyi /p/, /m/,/b/, /d/, /s/, /w/, /k/, dan /h/. Dalam penelitian ini seluruh bunyi yang serupa tersebut telah diaalisa untuk menemukan karakteristik dari setiap bunyi. Penelitian ini menganalisa setiap bunyi dengan cara mentranskip bunyi, kemudian mendiskusikan kelompok konsonan, letak bunyi dalam kata, dan cara artikulasi pada bunyi. Kesamaan bunyi pada kedua bahasa disebabkan oleh organ yang memproduksi bunyi tersebut. Cara artikulasi bunyi yang termasuk dalam golongan stops, fricatives, dan glides dihasilkan dengan hambatan yang dilafalkan jauh lebih lama dari seharusnya. Organ bicara subjek menghambat laju udara pada golongan-golongan tersebut dan menghasilkan bunyi yang terhambat.

Kata Kunci: gagap, penderita gagap dewasa, hambatan bunyi.

 

Abstract

Through this study, stuttering has been analyzed from language point of view, and found the unique style of particular stutter speaker. Participant of this study is an Indonesian adult stutter speaker who suffers stuttering since his early childhood. Participant showed dominant blocking in his speech. It is many more than the repetition or prolongation. The case used qualitative method and the data collection used interview and observation to participant. Participant speaks two languages, Indonesian and English. Participant’s utterances in both languages showed similarity of sounds, like /p/, /m/,/b/, /d/, /s/, /w/, /k/, /h/.  On this study, those similar sounds had been analyzed to find the characteristic of each sound, pronounced by participant. This study analyzed each sound by transcribe its phonetic transcription, then discuss its cluster, placement of the sound, and its manner of articulation. The similarity of the sounds is caused by the problem on participant’s organ of speech. Manner stops, fricatives, and glides are produced by longer duration of the obstruction. Participant’s organ of speech block the airflow on these manners and produced blocking.

Keywords: stuttering, adult stutterer, blocking sound.  

Published
2015-01-27
How to Cite
PRATIDINA PUTRI, M. (2015). BLOCKING SOUND OF ENGLISH UTTERANCES IN AN INDONESIAN ADULT STUTTER SPEAKER : A CASE STUDY. LANGUAGE HORIZON, 3(1). https://doi.org/10.26740/lh.v3n1.p%p
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 32